Tips

Tips Mengajarkan Anak untuk Mematuhi Protokol Kesehatan

Apakah Bunda ada yang masih sulit untuk mengajarkan si kecil mematuhi protokol kesehatan? Kondisi pandemi ini membuat Bunda dan Ayah lebih memberikan perhatian lebih kepada anak, terlebih untuk menerapkan protokol kesehatan. Salah satu hal yang cukup sulit adalah bagaimana cara orangtua harus memberikan pengertian dan menjadikan hal tersebut sebagai rutinitas yang baru. Untuk Bunda dan Ayah yang mengalami kesulitan dalam mengajarkan si kecil, boleh coba untuk menerapkan beberapa cara berikut :

 

1. Berikan Pengertian dan Jangan Dipaksakan

Bunda dan Ayah bisa memberikan pengertian dan penjelasan secara perlahan mengenai virus dan bagaimana cara penularannya. Agar penjelasan lebih menarik, orangtua bisa mengaitkan dengan permainan atau video kesukaan si kecil. Hal ini harus dibuat semenarik mungkin agar anak tidak merasa orangtua memaksa untuk menuruti dan melakukan apa yang diperintahkan. Jika terlalu dipaksakan, Buah Hati bisa saja menolak untuk diberitahu hal yang sama secara berulang.
 

2. Dilakukan Langsung bersama Orangtua

Hal yang paling penting dari sebuah penjelasan adalah tindakannya. Seorang anak akan menirukan tingkah laku dari orangtuanya. Saat memberikan penjelasan, Bunda dan Ayah juga bisa langsung ikut mempraktikkan semua yang sudah diucapkan. Anak akan lebih mudah dan cepat menyerap informasi pada saat dilakukan secara bersama-sama. Kebiasaan baik ini bisa dibangun antara orangtua dan anak.

 

3. Lakukan Secara Konsisten

Perlahan Bunda bisa membantu Buah Hati untuk melakukan secara terus menerus. Bisa dimulai dari hal sederhana, seperti mencuci tangan setelah beraktivitas diluar. Tindakan sederhana yang dilakukan berulang akan terekam dan diingat dalam pikiran anak. Pada akhirnya, tanpa perlu disuruh atau diberikan pengertian lagi, anak akan langsung melakukannya. Konsisten bisa menjadi kunci untuk membuat suatu kebiasaan yang baik.

 

Cara-cara di atas bisa Bunda dan Ayah terapkan dalam mengajarkan Buah Hati perihal pentingnya menjalankan protokol kesehatan. Terpenting adalah buat menjadi semenarik mungkin dan mudah dipahami. Kebiasaan baik ini bisa diterapkan di dalam maupun di luar rumah. Salah satu bentuk protokol kesehatan yang dapat diterapkan adalah menjaga kebersihan tangan dan lingkungan dengan produk perawatan alami dari Konicare. Konicare Gel Pembersih Tangan adalah hand sanitizer yang dilengkapi dengan pelembab alami avocado. Menjaga kebersihan tangan sekaligus menjaga tangan tetap halus dan lembut. Sedangkan Konicare Sanitizer Spray dengan kandungan Alkohol 70%, ampuh membunuh kuman dan bakteri secara cepat, hanya dalam 5 detik. Juga dilengkapi bahan alami essential oil Cajuputi & Peppermint sebagai aromaterapi. Dapat dipakai di tangan, permukaan benda dan ruangan. Praktis dibawa kemanapun berada.. Bunda ada cerita lain tentang mengajarkan si Kecil untuk menerapkan protokol kesehatan? Yuk, share ceritanya

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Widya

sangat bermanfaat

Widya

thanks

imasjepry20

sip

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved