Tips

5 Tips Menghemat Uang Belanja Bulanan untuk Ibu Rumah Tangga

Bagi seorang ibu rumah tangga, mengatur keuangan untuk belanja bulanan terkadang tidaklah mudah. Maka dari itu perencanaan yang tepat diperlukan agar uang belanja dapat digunakan hingga akhir bulan dan dapat ditabung. Berikut beberapa tips dan cara menghemat uang belanja bulanan untuk ibu rumah tangga yang bisa Bunda terapkan.

Membuat rencana pembelian dengan matang

Sebagai langkah awal untuk cara menghemat uang belanja adalah dengan membuat rencana pembelian dengan matang. Mencatat barang yang akan dibeli bisa dibuat ketika persediaan di rumah hampir habis. Atau untuk lebih mudahnya, sebaiknya mencatatnya setiap seminggu sekali. Utamakan barang untuk kebutuhan pokok yang harus pertama dibeli.

Barulah setelah itu jika masih terdapat sisa bisa digunakan untuk hal lainnya. Jangan lupa ketika membeli barang untuk mencatat bon atau struk belanjaan. Hal ini dilakukan agar lebih mudah dalam mengontrol pengeluaran selanjutnya. Cara tersebut juga bisa digunakan untuk membandingkan pengeluaran sebelumnya dan pengeluaran selanjutnya.

Simpan barang dengan baik

Mungkin cara ini terbilang sangat sederhana, akan tetapi bisa jadi menjadi salah satu cara menghemat uang belanja dengan efektif. Dengan menyimpan barang kebutuhan dengan baik, maka dapat digunakan lebih lama dan tentunya akan mengurangi pengeluaran lainnya. Contohnya saja untuk bahan makanan bisa disimpan pada kulkas dengan baik agar tidak cepat rusak dan bisa digunakan dalam waktu cukup lama.

Bandingkan jika Bunda tidak menyimpan barang konsumsi atau makanan dengan baik. Barang tersebut akan menjadi rusak dan tidak bisa digunakan kembali. Akhirnya, harus membeli lagi dan ini akan menambah pengeluaran kembali. Jika terus dibiarkan maka akan cepat membuat biaya belanja bulanan menjadi membengkak.

Catatlah daftar menu mingguan

Mencatat menu mingguan juga masih terbilang belum sering dipraktekkan oleh ibu rumah tangga di Indonesia. Cara menghemat uang belanja seperti ini sebenarnya sudah banyak diterapkan ibu rumah tangga di negara maju seperti Jepang, misalnya, selain membagi uang belanjaan ke dalam pos-pos tertentu yang dimasukkan ke dalam amplop.

Bunda bisa mencatat menu apa saja yang akan dibuat selama satu minggu. Catatlah hal-hal apa saja yang akan dibeli. Misalnya untuk sayuran, buah-buahan, ataupun daging. Lebih baik lagi jika membelinya dalam keadaan segar dan bisa dimasukkan ke dalam kulkas agar tetap awet dan bisa digunakan selama satu minggu ke depan.

Bandingkan harga dan manfaatkan promo

Sebelum membeli barang kebutuhan sehari-hari, jangan lupa untuk selalu membandingkan harganya. Caranya adalah dengan mendatangi pusat perbelanjaan satu dengan yang lainnya. Atau tidak ada salahnya membeli produk makanan segar di pasar yang terkadang memiliki harga miring namun dengan kualitas terbaik.

Selanjutnya, cara menghemat uang belanja bisa dengan memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh supermarket pada saat tertentu. Biasanya harga promo akan lebih murah daripada harga barang pada umumnya. Jika beruntung, Bunda bisa mendapatkan gratis satu barang yang akan dibeli. Tentu ini akan sangat menghemat uang belanja bulanan bukan?

Prioritaskan hanya untuk hal penting

Hal terakhir yang perlu diingat dalam mengelola uang belanja bulanan adalah selalu prioritaskan untuk hal penting saja. Dahulukan kebutuhan daripada keinginan. Ini memang tidak mudah untuk dilakukan, terlebih lagi jika banyak promo-promo menarik yang ditawarkan dari produk-produk yang diinginkan selama ini.

Sebenarnya tidak salah jika membeli produk yang diimpikan. Namun, perlu diingat apakah semua barang kebutuhan sudah terpenuhi semua? Jika sudah dan masih ada uang sisa, maka bisa dibelanjakan untuk barang keinginan tersebut. Asalkan dalam batas yang wajar dan tidak memboroskan diri.

 

Bagaimana, cukup mudah bukan cara menghemat uang belanja bulanan untuk ibu rumah tangga? Kini, saatnya Bunda mempraktikkannya di rumah. Selamat mencoba

 

Photo Credit: Pexels

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

michael

terima kasih. info yang sangat membantu

dean

bagi saya sangatlah bermanfaat terima kasih

Ghisa_Yumna

????????

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved