Tips

Menjaga Lingkungan Rumah Tetap Bersih

Menciptakan dan menjaga lingkungan rumah agar tetap bersih dan sehat dimulai dari kesadaran sendiri yang akan memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan bertetangga dan bermasyarakat. Selain alasan kesehatan, membersihkan dan menjaga lingkungan secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas hidup. Sangat penting memiliki pola hidup sehat agar kita terbebas dari berbagai masalah penyakit yang muncul akibat dari perilaku tidak sehat. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan dan menjaga lingkungan rumah tetap bersih

 

1. Tempat Sampah

Sampah merupakan sumber penyakit, begitu besar dampaknya jika sampah dibuang tidak pada tempatnya, selain membuat lingkungan menjadi kotor dan mengakibatkan banjir, sampah juga akan berdampak buruk bagi kesehatan karena dapat menyebarkan penyakit melalui udara dan perkembangbiakan lalat. Perlu adanya kesadaran dan rasa tanggung jawab akan pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar dengan membuang sampah pada tempatnya sebagai tempat penampungan sementara  sebelum sampah diproses lebih lanjut. Selain dapat menjaga sampah agar tidak menyebabkan polusi, tempat sampah juga membuat lingkungan tampak rapi dan indah.

2. Mengajak Anak Mengenal Lingkungan Bersih Sejak Dini

Mengajak dan mengajarkan anak tentang  kesadaran menciptakan lingkungan yang bersih sejak dini sangatlah penting, agar kesadaran tersebut bisa tumbuh dan berkelanjutan hingga dewasa. Membiasakan hidup bersih sejak usia anak-anak akan berdampak baik untuk kehidupannya kelak. Dimulai dari hal yang kecil seperti mengenalkan anak pada tempat sampah dan mengajarkannya membuang sampah pada tempatnya.

3. Gotong Royong

Membuat jadwal rutin melakuan aktifitas pembersihan lingkungan akan menciptakan pribadi yang disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan. Akan lebih menyenangkan jika aktifitas ruitn tersebut dilakukan bersama-sama dengan masyarakat sekitar, maka kegiatan gotong royong akan terasa ringan dan lingkunganpun menjadi bersih dan indah dipandang.

4. Mengolah Sampah

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

hennysus0890

ok

Ghisa_Yumna

siiiiiiipppppppp

lily09

sip

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved