Tips

Jangan Sampai Ketinggalan, Inilah Barang yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran

Mudik lebaran adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Bunda dan keluarga bisa bertemu dengan keluarga besar setelah lama tidak berjumpa. Agar perjalanan mudik lebaran berlangsung dengan aman dan nyaman, tentu saja ada banyak hal yang harus Bunda siapkan. Salah satunya adalah menyiapkan beberapa barang yang wajib dibawa. Apa saja? Berikut informasinya!

Gadget dan buku

Bila Bunda dan keluarga akan menempuh perjalanan mudik yang panjang, membawa gadget dan buku perlu dipertimbangkan. Mengingat perjalanan mudik yang biasanya membutuhkan waktu panjang, Bunda bisa memanfaatkan gadget dan buku sebagai media hiburan. Melalui gadget, Bunda dan anggota keluarga bisa bermanfaat game yang ada di dalamnya. Buku seperti novel atau buku cerita anak juga berguna, khususnya bila Bunda mudik bersama anak-anak.

Power bank

Untuk bisa menggunakan smartphone dalam waktu yang lama, Bunda jangan lupa membawa power bank. Bila kendaraan yang digunakan juga menyediakan colokan charger, Bunda juga harus membawa charger untuk smartphone yang digunakan. Selain untuk hiburan, smartphone juga berguna sebagai penunjuk jalan melalui aplikasi GPS yang ada di dalamnya. Jadi, memastikan smartphone Bunda tetap menyala dan bisa digunakan kapan saja dibutuhkan cukup penting untuk memastikan kenyamanan dalam perjalanan mudik kali ini.

Handuk, pakaian, selimut, dan bantal

Bunda harus membawa barang-barang yang dirasa dapat menunjang kenyamanan selama perjalanan mudik. Barang-barang seperti handuk, pakaian dalam, selimut, dan bantal bisa masuk dalam daftar. Kondisi dan cuaca selama perjalanan mudik sulit diprediksi, jadi lebih baik Bunda siap menghadapi beragam kondisi dan cuaca tersebut. Jika perjalanan mudik berlangsung pada malam hari, bantal dan selimut bisa membantu Bunda dan anggota keluarga untuk beristirahat lebih nyaman. Mengganti pakaian tentu juga akan memaksimalkan kenyamanan tersebut.

Kartu tol dan voucher

Repot selama perjalanan mudik tentu akan membuat kegiatan setahun sekali ini menjadi kurang menyenangkan. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda pastikan membawa kartu tol atau voucher yang bisa mempercepat waktu transaksi. Bunda bisa membawa kartu tol elektronik, voucher untuk mengisi bahan bakan minyak kendaraan mudik yang digunakan, hingga voucher makanan cepat saji untuk mengisi perut yang lapar sepanjang perjalanan. Bila tidak memiliki voucher makanan, menyiapkan camilan dan beberapa makanan untuk disantap selama perjalanan mudik juga bisa Bunda lakukan.

Perlengkapan salat

Selama perjalanan mudik lebaran, Bunda tentu tidak boleh lupa menjalani ibadah salat. Jadi, bawalah perlengkapan salat agar Bunda tetap dapat menjalankan kewajiban bahkan selama perjalanan mudik. Beberapa masjid memang menyediakan perlengkapan salat. Namun, agar lebih nyaman, Bunda bisa menggunakan perlengkapan salat sendiri.

Jaket dan sweater

Selimut bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh dalam perjalanan mudik di malam hari. Namun, bila selimut yang dibawa tidak cukup untuk seluruh anggota keluarga, Bunda juga bisa memebawa jaket atau sweater. Kenyamanan berkendara adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Bila masuk angin, misalnya, perjalanan mudik pasti bisa terganggu. Oleh karena itu, membawa jaket atau sweater untuk menjaga suhu tubuh tetap normal dan kondisi badan tetap fit perlu untuk Bunda pertimbangkan.

 

Pastikan Bunda membawa sejumlah barang yang wajib dibawa saat mudik lebaran di atas, ya. Dengan begitu, kegiatan mudik lebaran akan berlangsung lebih aman dan nyaman. Selamat mudik lebaran dan berkumpul bersama keluarga tersayang!

 

Photo Credit: Pexels

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Susy

ok

erlinarosma

betul sekali

nungkynantika

pasti ini yg perlu banget bun

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved