Tips

Stimulasi Untuk Tingkatkan Kemampuan Buah Hati

Si Kecil tumbuh besar dan sehat merupakan harapan semua orang tua. Selain memenuhi asupan nutrisinya, orang tua juga harus memperhatikan tumbuh kembang anak. Agar dapat tumbuh lebih optimal, para orang tua harus melakukan stimulasi dini pada Bayi.  Stimulasi dini adalah rangsangan yang dilakukan sejak Bayi dan dapat dilakukan setiap hari untuk merangsang indera penglihatan, pendengaran, penciuman  hingga perabaan dan pengecapan. 

Selama berinteraksi dengan Bayi, Bunda dapat sesering mungkin memberikannya stimulasi. Stimulasi seperti apa sih yang bisa dilakukan di rumah untuk tingkatkan kemampuan Buah Hati? Simak infonya dibawah ini ya : 

Mengajak Berbicara

Mengajak Bayi berbicara adalah salah satu cara terbaik memberikan stimulasi kepada Bayi. Bunda bisa mengajak Bayi untuk mengobrol atau bernyanyi serta bercerita dengan menggunakan nada yang ramah dan ceria. Stimulasi ini dapat membantu Buah Hati menambah kosakata saat mulai belajar berbicara. 

Rutin Memeluknya

Tahukah Bunda, ternyata rutin memeluk Bayi adalah salah satu cara menstimulasi Buah Hati lho. Sentuhan fisik atau kontak kulit dipercaya dapat memberikan ketentraman dan rasa nyaman, sehingga ia merasa dicintai sehingga rasa percaya dirinya meningkat. 

Memberi Sesuatu Untuk Dilihat dan Diraba

Cara mudah lainnya memberi Bayi stimulasi adalah dengan menatapnya, mengajak bermain sampai menggendongnya. Stimulasi ini dilakukan dengan cara mengajaknya bermain cilukba bersama di depan cermin, lalu untuk menstimulasi indera perabanya Bunda dapat membuatnya merasa nyaman dengan mencoba metode kangguru. Stimulasi keduanya sangat penting untuk perkembangan keseluruhan sistem sensorik Bayi.

Merangsang Indera Penciuman

Kemampuan Bayi dalam mencium aroma sudah berkembang sejak ia lahir, dimana ia dapat mengenali aroma ASI atau aroma Bunda yang membuatnya merasa nyaman. Namun, untuk menstimulasi indera penciumannya, Bunda bisa memberikan aroma wangi alami yang lembut seperti wangi dari Konicare Minyak Telon Plus. Wangi alami tanpa tambahan parfum, membuat Bayi merasa tenang dan juga makin rileks. Pastikan untuk tidak memberikan aroma yang terlalu tajam ya, Bun. 

Pada dasarnya, perkembangan Bayi sangat unik dan berbeda-beda. Lakukanlah stimulasi dini yang rutin dengan variasi dan cara menyenangkan, tapi pastikan untuk tidak melakukan terburu-buru atau memaksakan pada anak. 

Itulah beberapa stimulasi yang dapat Bunda atau Ayah lakukan bersama Buah Hati di rumah. Jika laju tumbuh kembang Buah Hati berbeda dengan Bayi seusianya atau memiliki masalah kesehatan tertentu, jangan segan untuk berkonsultasi ke dokter anak agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga infonya bermanfaat ya :) 
 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

MomyhAmy

Terima kasih untuk informasi nya sangat bermanfaat sekali

Triana

Siap dipraktikan bunda

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved