Tips

Panduan Memilih Makanan Sehat Untuk Keluarga

Bunda, penting sekali kita memperhatikan asupan makanan untuk keluarga. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang, serta pengolahan yang baik dan benar akan membuat keluarga selalu sehat dan tetap fit. Berikut 4 hal penting dalam  menyajikan makanan sehat untuk keluarga:

 


1. Teliti dalam membeli bahan makanan

Sebelum mengolah makanan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan dengan baik bahan-bahan makanan yang akan diolah. Dimulai dari warna, bentuk dan baunya, harus dipastikan bahan makanan dalam keadaan segar. Seperti, dalam memilih daging pilihlah  yang warnanya masih merah segar dengan tekstur yang kenyal dan saat ditekan bentuk daging akan cepat kembali seperti semula. Jangan lupa untuk selalu cek tanggal kadaluarsa ketika hendak membeli bahan makanan dalam kemasan.


2. Gizi Seimbang

Mengkonsumsi makanan tidak hanya sekedar untuk menghilangkan rasa lapar, akan tetapi segala sesuatu yang kita konsumsi sebaiknya mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, mengandung cukup karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lemak serta air.


3. Perbanyak serat

Pilihlah makanan yang mengandung banyak serat untuk membantu melancarkan pencernaan. Serat memiliki banyak manfaat dan berperan penting diantaranya menjaga kesehatan usus dan menjaga keseimbangan berat badan. Makanan yang banyak mengandung serat dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran.


4. Kurangi konsumsi makanan cepat saji

Bunda, bila terpaksa harus membeli makanan dari luar, pastikan juga kebersihan dan gizi yang terkandung didalamnya.  Usahakan untuk menghindari  makanan cepat saji karena terlalu  bila terlalu sering dikonsumsi dapat  berdampak buruk untuk kesehatan, beberapa  contohnya seperti obesitas, pencernaan tidak normal dan kekurangan nutrisi.

 

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

hennysus0890

ok

michael

informasi yh sangat berguna

Ghisa_Yumna

siiiiipppppppppp

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved