Tips

Tips Ajari Buah Hati Makan Sendiri

Rasanya gemes ya jika melihat Buah Hati berantakan dan kotor pada saat ia makan sendiri, akhirnya Bunda jadi turun tangan untuk menyuapinya. Memperkenalkan aturan makan yang tepat memang bukan hal yang mudah, namun menyuapi si Kecil terus menerus juga tidak baik karena akan memperlambat pertumbuhannya. Karena itu, Bunda harus sudah mulai mengajarkan Buah Hati untuk makan sendiri sejak dini atau yang dikenal dengan istilah BLW atau baby-lead weaning dimana kita sebagai orang tua memberikan kesempatan untuk ia makan sendiri. Bagaimana cara mengajarkannya? Simak tips berikut ini :

Memberikan Finger Food

Semakin bertambahnya usia, Buah Hati akan mulai menunjukkan ketertarikan untuk makan sendiri. Untuk memulai tahapan ini, Bunda dapat memberikannya finger food, atau makanan yang mudah ia genggam. Contoh finger food biasanya brokoli, kentang atau wortel yang sudah dikukus. Dengan memberikan finger food, akan melatih si Kecil untuk menggenggam makanan, membawanya sampai ke mulut, lalu memakannya.

Memperkenalkan Alat Makan

Saat Buah Hati sudah lancar makan finger food-nya sendiri, kini saatnya Bunda masuk ke tahapan selanjutnya yaitu memperkenalkannya dengan alat makan. Saat si Kecil menggunakan alat makan, mungkin ia akan membuat meja atau lantai kotor dengan makanan yang berjatuhan. Dalam fase ini mungkin Bunda akan merasakan kesal dan ingin marah, tapi usahakan selalu sabar dan terus bimbinglah si Kecil setiap hari ya, Bun.

Buat Variasi Menu Makanan

Apa sih makanan favorit Buah Hati? Untuk pertanyaan ini mungkin Bunda adalah orang yang paling tahu, namun bukan berarti ia diberikan makanan yang sama setiap harinya. Agar si Kecil menikmati setiap momen makannya, selain memberikan menu yang beragam Bunda juga bisa sajikan makanan dalam bentuk tampilan yang lucu serta menarik. Dijamin ia akan tertarik dan makin semangat untuk makan sendiri.

Ketika Buah Hati sudah makan sendiri, Bunda harus selalu memperhatikannya agar ia tidak tersedak. Jika ia menumpahkan makanan kemana-mana, hal itu wajar ya, Bun, teruslah latih dan dukung perkembangannya setiap hari. Setelah makan, bersihkan tubuhnya dan ganti bajunya ya Bun, lalu oleskan juga Konicare Minyak Telon Plus yang memberikan kehangatan dan mencegahnya dari masuk angin serta perut kembung, wanginya alami tanpa tambahan parfum, membuat Buah Hati jadi harum wangi bayi banget sepanjang hari

Bunda punya pengalaman mengajari Buah Hati makan sendiri? Share ya :)

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved