Tips

Mau jadi Bunda Modern? Yuk terapkan Metode Parenting Ini!

Parenting adalah hal yang susah-susah gampang. Metode parenting yang Bunda lakukan tak menutup kemungkinan akan mempengaruhi karakter anak saat tumbuh dewasa nanti. Seiring perkembangan zaman, metode parenting ini juga harus mengalami penyesuaian. Metode parenting yang dilakukan oleh orang tua Bunda belum tentu cocok untuk diterpakan pada Si Kecil saat ini. Zaman dulu tentu saja berbeda dengan zaman sekarang yang sudah sangat maju dengan teknologi. Agar tidak salah dalam mendidik anak, berikut metode parenting modern yang bisa bunda lakukan.

Biarkan Anak Memilih

Tentu saja Bunda tidak mau dibilang sebagai orang tua kolot yang selalu memaksakan keinginan pada Si Kecil, bukan? Oleh sebab itu, berilah kebebasan pada anak untuk memilih. Hal ini akan membuat anak belajar rasa tanggung jawab. Ketika ia sudah memilih, buat ia paham akan konsep konsekuensi dan harus menjalankan pilihannya tersebut. Tugas Bunda di sini adalah mengarahkan mana yang baik, tetapi tidak perlu memaksa.

Dukung Minat dan Bakat Anak

Mungkin tak jarang kita melihat orang tua yang menyuruh anaknya melakukan ini dan itu padahal anak tidak menyukainya. Selain hal ini menghalangi kebebasan sang anak, tak menutup kemungkinan Bunda juga telah “membunuh” minat dan bakat asli yang dimilikinya. Oleh sebab itu, perhatikan apa yang sebenarnya diinginkan oleh Si Kecil. Dukung bakat dan minatnya tersebut dengan cara memberikan fasilitas yang ia perlukan.

Jangan Halangi Anak Bermain di Luar

Karena manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa lepas dari sosialisasi, maka perlu juga mengajarkan hal ini sejak kecil. Jika Si Kecil ingin bermain dengan teman-temannya di luar, maka izinkan saja asalkan masih dalam jangkauan. Misalnya bermain dengan tetangga atau di taman sekitar rumah. Jangan takut Si Kecil akan kotor, Bunda. Bunda bisa menyiapkan kekebalan tubuh Si Kecil agar ia tidak mudah terserang penyakit saat bermain di luar.

Ajari Anak untuk Mencintai Lingkungan

Satu lagi metode parenting yag harus Bunda perhatikan, yakni mengajarkan anak tentang bagaimana cara mencintai lingkungan. Didiklah anak untuk selalu menjaga lingkungan, tidak mengotorinya, menanam tanaman, dan hal-hal lain yang bisa mendukung kelestarian lingkungan. Ajarkan padanya bahwa kita hidup di alam dan harus menjaganya agar alam tidak rusak. Jika perlu, ceritakan padanya mengenai kasus pemanasan global yang mengancam kondisi alam kita saat ini.

Kenalkan Pada Teknologi

Tak kalah penting, Bunda juga harus mengenalkan Si Kecil pada teknologi. Saat ini, teknologi telah menjadi bagian dari keseharian kita sehingga jika kita kurang menguasai teknologi, maka akan tertinggal dengan yang lain. Jangan lupa, ketika mengenalkan anak pada teknologi, Bunda juga harus membatasi porsinya agar Si Kecil tidak sampai kecanduan dan melupakan aktivitas sosialnya.

Parenting akan berjalan maksimal jika Ayah juga ikut membantu. Perlu kesabaran yang tinggi untuk mendidik anak dengan baik karena secara tidak langsung Si Kecil juga akan belajar dari Bunda. Bunda adalah role model baginya. Oleh sebab itu, Bunda dan Ayah perlu menunjukkan perilaku yang positif agar ditiru oleh Si Kecil.

 

Photo credit: pxhere.com

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved