Tips

Ayo Bunda Berolahraga

Mengandung atau hamil bukan berarti Bunda harus berhenti dari aktivitas apapun. Sama hal nya ketika Bunda menjalankan ibadah Puasa, aktivitas bisa dilakukan dengan porsi yang tidak terlalu banyak tentunya.

Begitu juga dengan olahraga. Saat mengandung, Bunda masih bisa melakukan olahraga ringan. Banyak penelitian mengatakan bahwa latihan fisik ringan yang rutin dilakukan dapat membantu ibu hamil untuk melewati proses kehamilan hingga persalinan dengan lebih baik.

Dengan olahraga ringan, juga membantu suasana hati lebih baik, tidur lebih nyenyak, mengurangi rasa pegal dan sakit pinggang. Nah Bunda, masih ragu untuk berolahraga ringan? Mulai yuk dari sekarang. Dan berikut ini, ada beberapa olahraga ringan yang bisa Bunda lakukan. 

 

Jalan kaki

Selama kehamilan jalan kaki adalah olahraga terbaik yang bisa dilakukan, selain ringan juga dapat memperlancar peredaran darah. Olahraga ini juga tergolong aman untuk ibu dan janin yang dikandung. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, ibu hamil dianjurkan untuk berjalan kaki selama 30 menit dalam satu hari. Perlu dicatat, jika Bunda mulai terasa pusing, sesak, maupun kram pada betis segera berhenti dan mulai beristirahat.

Berenang

Untuk Bunda yang senang dengan olahraga renang disarankan untuk tetap melakukanya. Untuk ibu hamil yang mengalami berat badan berlebih, bisa melakukan olahraga ini.. Berenang juga dapat melatih otot kaki dan tangan serta memiliki manfaat pada kinerja jantung. Olahraga ini relatif aman karena saat berada di dalam air sendi-sendi akan terasa lebih ringan yang mengakibatkan ibu hamil tidak terlalu berat menopang tubuh. Gaya dada dan punggung menjadi pilihan yang cocok.

Yoga

Olahraga ini juga termasuk aman bagi ibu hamil karena tidak banyak menggunakan fisik, melainkan melatih pernapasan dan relaksasi yang sangat dibutuhkan saat persalinan nantinya. 

Senam hamil

Olahraga ini paling banyak dipilih oleh ibu hamil, baik yang melakukan sendiri di rumah dengan panduan dari DVD hingga yang mengikuti kelas senam hamil yang dipandu oleh ahlinya. Dengan rajin melakukan senam ini maka akan membantu melenturkan dan menguatkan otot-otot yang akan mempermudah proses persalinan nantinya.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

michael

terima kasih info ny

Ghisa_Yumna

oksss

imroatul_mufidah

asiappp

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved