Tips

Enggak Harus Tamasya ke Luar Kota, Ide Sederhana Ini Bisa Membuat Akhir Pekan Jadi Menyenangkan

Akhir pekan menjadi saat yang ditunggu-tunggu oleh keluarga mana pun. Tanpa harus berkutat dengan pekerjaan, akhirnya Ayah dan Bunda bisa mencurahkan seluruh perhatian kepada si kecil. Liburan singkat ke luar kota memang terdengar seru, tetapi membayangkan kemacetan dan keramaian di jalan saja sudah cukup membuat ngilu. Tenang, Bunda masih bisa menciptakan akhir pekan yang menyenangkan bersama si kecil dengan kelima aktivitas berikut ini.

Ajak Anak ke Wahana Edutainment

Sambil bersenang-senang, Bunda bisa sekaligus mengajak si kecil untuk belajar. Sekarang, di Indonesia sudah ada cukup banyak wahana edutainment yang didirikan. Di Jakarta, misalnya, terdapat wahana permainan profesi yang memungkinkan anak untuk berkenalan dengan berbagai macam profesi orang dewasa, seperti pilot, dokter, dan chef. Aktivitas ini bisa membantu Bunda untuk mengarahkan cita-cita si kecil pada masa mendatang.

Piknik di Taman Kota

Apakah di kota tempat tinggal Bunda terdapat taman? Jika iya, Bunda bisa mengajak si kecil piknik di sana. Saat pagi hari sebelum berangkat, atau pada malam sebelumnya, jangan lupa menyiapkan makanan dan minuman yang hendak dibawa untuk piknik. Jika bingung menentukan menu, Bunda bisa menanyakannya kepada Ayah dan si kecil, lalu minta mereka untuk ikut membantu menyiapkan. Sesaat sebelum berangkat, jangan lupa pula usapkan Konicare Minyak Telon Plus secara merata pada tubuh si kecil ya, Bunda. Dengan begitu, ia bisa bebas bermain di taman tanpa terkena gigitan serangga.

Camping Seru

Camping tidak harus dilakukan di daerah pegunungan kok, Bunda. Jika memang di kota tempat tinggal Bunda terdapat pegunungan, maka hal tersebut sah-sah saja dilakukan. Namun, jika tidak, Bunda bisa mencari area camping khusus yang terdapat di kota tempat tinggal. Apabila masih tidak menemukan, halaman atau teras rumah juga bisa menjadi lokasi camping yang mengasikkan. Si kecil pasti senang menghabiskan akhir pekan dengan cara berbeda walaupun hanya di rumah.

Jalan-jalan di Museum

Anggapan bahwa museum merupakan tempat yang membosankan sudah tak berlaku lagi. Kini, museum-museum di Indonesia justru disulap menjadi tempat semenarik mungkin tanpa mengurangi fungsinya sebagai sumber informasi. Dengan mengunjungi museum, Bunda bisa membantu si kecil untuk membuka wawasannya mengenai sejarah Indonesia dan dunia pariwisata. Jika memungkinkan, sewalah jasa tour guide agar Bunda dan keluarga bisa mendapatkan informasi dan penjelasan yang lebih akurat mengenai benda-benda di dalam museum.

Masak Makanan Favorit

Nah, ide aktivitas akhir pekan satu ini sangat cocok dilakukan apabila Bunda dan keluarga sedang malas ke luar rumah. Bunda bisa mengajak si kecil untuk memasak makanan favoritnya atau justru bereksperimen mencoba resep yang belum pernah dimasak. Sebelumnya, Bunda bisa menulis daftar resep makanan yang ingin dimasak bersama si kecil. Lalu, minta si kecil untuk memilih 2-3 resep makanan untuk dimasak bersama-sama pada akhir pekan ini. Pasti akan seru sekali, Bunda!

Liburan ke luar kota saat akhir pekan memang mengasyikkan. Namun, jika tidak memungkinkan, kelima ide aktivitas di atas juga tidak kalah seru untuk dilakukan. Selamat berakhir pekan bersama si kecil dan keluarga ya, Bunda!

 

Image Photo Credit: Anton Diaz (Flickr)

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved