Tips

6 Cara Memilih Bahan Makanan Yang Baik Untuk Keluarga

Anda sebagai ibu bagi keluarga; menyediakan makanan yang sehat penting maknanya untuk keluarga tercinta, hingga seringkali Anda sangat berhati-hati dalam membeli bahan makanan. Baik mulai dari bahan baku, pelengkap, hingga bahan pengolahnya; karena Anda ingin menyajikan yang terbaik bagi keluarga.

Sebuah lembaga non profit Gentle world dalam penelitiannya mengatakan bahwa ada 8 (delapan) cara menemukan bahan makanan yang baik untuk kesehatan, terutama bagi para ibu yang memiliki peranan menyiapkan makanan bagi anggota keluarga di rumah. Berikut ini 8 (delapan) cara yang dimaksud:

1. Seimbangkan konsumsi jenis makanan

Daging, telur, dan sejumlah protein lainnya bukan tidak baik untuk kesehatan, namun terlalu sering mengonsumsi daging ataupun telur dikatakan dapat memacu timbulnya penyakit, salah satunya seperti: kolesterol. Oleh sebab itu, penting untuk menyeimbangkan konsumsi jenis makanan, jangan terus-terusan mengonsumsi satu jenis makanan saja.

2. Coba beralih ke yang lebih organik

Semua jenis bahan makanan yang berasal dari tumbuhan atau buah-buahan umumnya baik bagi tubuh. Hanya saja proses penanaman dari masing-masing jenis tumbuhan dan buah tersebut yang kerap kali menggunakan bahan kimia berlebih, sehingga mengendap secara tidak terlihat/kasat mata. Oleh sebab itu, cobalah untuk beralih ke yang lebih organik; karena beberapa penelitian mengatakan bahwa makanan organik umumnya lebih baik dibandingkan yang non organik karena minim penggunaan obat-obatan/pestisida dalam proses tanamnya.

3. Konsumsi makanan yang mengandung serat & air

Cobalah untuk memperbanyak sumber makanan yang mengandung serat dan air. Karena selain baik untuk kesehatan tubuh, bahan makanan yang mengandung serat umumnya membantu proses pencernaan di usus dan memperkuat enzim yang berfunsi menetralisir racun.

4. Double check bahan makanan Anda

Tergiur dengan pandangan pertama? Itu sudah biasa. Cobalah untuk melihat sekali lagi bahan makanan yang Anda beli untuk menghindari masalah bahan makanan yang tidak sehat/segar, seperti: busuk, mengandung bahan kimia, mengeluarkan bau tidak sedap, dan lain sebagainya.

5. Vitamin dan Antioksidan

Menurut badan pangan dunia (FAO), bahan makanan yang sehat adalah harus mengandung banyak vitamin, memiliki fungsi antioksidan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas, efek polusi dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda memperhatikan kedua hal tersebut dalam memilih bahan makanan yang akan diolah.

6. Kenali penyakit dalam keluarga Bunda

Hal ini mungkin agak sedikit aneh bagi Anda. Maksudnya di sini adalah kejelian Anda dibutuhkan dalam memilih bahan makanan, terutama jika dalam anggota keluarga ada yang memiliki masalah penyakit, seperti: ayah yang memiliki masalah kolesterol. Di sini peran Anda dituntut untuk mempertimbangkan membeli sedikit, atau banyak bahan makanan yang dapat menimbulkan masalah yang dihadapi oleh ayah.

Maka bijaklah dalam menentukan dan mengolah makanan yang akan disajikan kepada keluarga. Bagi Anda yang memiliki saran atau kritikan mengenai hal ini, silahkan berbagi dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini. Selamat memilih bahan makanan sehat yaaa.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

anisa_elfaronsie

waaah ,, terimakasih informasinya,, sangat bermanfaat sekali

Riyanti_aditya

selalu yang terbaik untuk keluarga

ani

Terima kasih artikelnya inspiratif sekali.

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved