Playpedia

Yuk Ajak Si Kecil Bermain Berburu Harta Karun!

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memperkenalkan, sekaligus mengajarkan anak untuk lebih mencintai alam. Salah satu cara yang paling mudah dan menyenangkan adalah, dengan cara melakukan permainan berburu.

Permainan ini sendiri cukup mudah dilakukan, apalagi kalau anda memiliki halaman belakang yang ditumbuhi banyak tanaman dan terdapat beberapa binatang. Kalaupun tidak memilikinya, anda bisa menggunakan taman sebagai area untuk melakukan permainan ini.

Yang dibutuhkan

  • Kotak seukuran sepatu atau bisa juga Tas ransel
  • Alat tulis
  • Beberapa lembar kertas.

Cara Bermain Permainan Berburu

Cara memainkan permainan berburu ini tergolong sederhana. Yang anda lakukan adalah, mendata terlegih dahulu apa saja yang ada diarea permainan berburu ini. Setelah semua daftar tersebut dibuat, anda tinggal memberikan si kecil daftar dan kotak kosong atau bisa juga dengan menggunakan Tas.

Setelah itu, suruh si kecil mencari dan menemukan semua benda yang ada dalam daftar yang telah anda buat sebanyak mungkin. Di akhir permaianan, anda bisa memberika hadiah kepada si kecil sesuai dengan skor atau jumlah barang yang telah ditemukannya.

Aturan Tambahan

Karena permainan ini berjenis adventure, anda bisa menggunakan teka-teki untuk menunjukan barang yang harus ditemukan oleh si kecil. Misalnya, mereka disuruh untuk menemukan benda berbentuk bintang dengan kode “penghias langit dimalah hari”, cangkang siput dengan kode “rumah binatang paling lambat”, serta kode-kode lainnya.

Jika anda ingin memberikan sesuatu yang spesial kepada si kecil sebagai bonus, anda bisa menaruh satu benda yang tersembunyi, dengan memberikan peta sederhana untuk menemukan benda tersebut.

Permainan ini sendiri sangat mirip dengan permainan berburu harta karun. Dengan permainan ini, si kecil akan di tuntut untuk terus aktif bergerak dan berfikir untuk memecahkan semua kode yang telah anda buat. Selain itu, yang paling penting adalah, si kecil akan belajar mengenai alam dan apa saja yang tersembunyi di dalamnya.

Catatan

Permainan berburu harta karun ini bisa juga dilakukan di area rumah, tentu saja dengan benda-benda yang sudah disesuaikan dengan kondisi rumah. Anda juga bisa mengajak si kecil memainkan permainan ini dalam sebuah Tim, dimana masing-masing Tim dituntut untuk lebih cepat untuk menemukan benda-benda yang anda maksud.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Melinda

terimakasih

MelodyNauli02

oke bunda

theodore

thanks for sharing

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved