Playpedia

Worm Charming, Permainan Menyenangkan Dari Inggris

Worm charming atau memancing cacing tanah, awalnya merupakan salah satu aktivitas aneh dalam Festival Tahunan Musim Panas. Bahkan permainan yang tergolong dalam kategori outdoor arventur ini ada kejuaraannya. Permaianan yang di Amerika disebut sebagai worm grunting atau worm gruntin ini konon berasal dari tradisi masyarakat sekitar yang hobi mengumpulkan dan menjual cacing tanah sebagai umpan pancingan.

Cara memainkan Worm charming ini sangat sederhana. Disini anda hanya membutuhkan sepetak tanah, yang dibagi menjadi beberapa petak kecil. Di dalamnya, anak-anak harus memancing sebanyak mungkin cacing tanah supaya naik ke permukaan dalam waktu yang sudah ditetapkan. Orang yang mengumpulkan cacing tanah paling banyak dari petaknya akan dinyatakan sebagai pemenang.

Aturan permainan

Petak

  • Yayasan memancing cacing tanah di Amerika dan Inggris sepakat kalau petak yang ideal untuk melakukan kegiatan Worm charming berukuran 3x3 meter.
  • Petak yang berbentuk kotak ini ditandai dengan menggunakan benang atau bisa juga dengan menancapkan tongkat kecil di setiap sudut petak.

Peserta

  • Peserta terdiri dari beberapa Tim, dimana satu Tim biasanya akan diisi oleh satu atau dua orang, dimana salah satu diantaranya bertugas sebagai pengumpul, dan satunya lagi sebagai pemancing.
  • Peserta diwajibkan untuk memakai pakaian unik atau pakaian tradisional.
  • Peserta diperbolehkan untuk menggunakan berbagai tehnik untuk mengumpulkan cacing tanah sebanyak mungkin. Tapi lebih disarankan menggunakan metode tradisional.

Cacing tanah

  • Untuk mendapatkan cacing tanah, peserta harus bisa memancingnya ke permukaan. Peserta juga dilarang keras menggali atau menggunakan metode yang bisa membahayakan ekosistem lainnya.
  • Semua cacing tanah yang sudah berhasil di pancing akan di kumpulkan dalam sebuah ember atau cangkir yang berisi kompos lembab. Sampai saat ini, rekor tangkapan cacing tanah adalah lebih dari 500 ekor.

Bagaimana Cara Memancing Cacing Tanah Supaya Naik?

Seperti kita ketahui, cacing tanah sangat peka terhadap getaran suara. Biasanya mereka akan naik ke permukaan kalau mendengar suara yang khusus atau getaran. Hal inilah yang membuat para peserta kerap memiliki tehnik sendiri untuk bisa membantu memancing cacing tanah kepermukaan. Bahkan beberapa diantaranya harus memukul dan bahkan menggedor tanah supaya cacing naik ke permukaan.

Salah satu metode tradisional yang sangat populer adalah, dengan menancapkan garpu berkebun dan memukul gagangnya dengan menggunakan kayu sehingga gigi garpu bergetar ke bawah tanah dan menghasilkan frekwensi tinggi.

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved