Playpedia

Banyak Teman Baik Untuk Si Kecil

Bermain dan berinteraksi dengan teman sebaya merupakan salah satu cara untuk anak belajar bersosialisasi sejak dini. Berinteraksi dengan anak lain yang seusia, baik itu di sekolah maupun di rumah sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang anak, diantaranya perkembangan bahasa, kepercayaan diri dan emosional. Akan tetapi perlu dipahami bahwa setiap anak berbeda dan unik, ada anak pemalu dan sulit berinteraksi, sebaliknya ada juga anak yang sangat mudah beradaptasi. Bunda sebaiknya tidak memaksakan anak untuk bisa melakukan hal yang sama dengan anak lainnya. Berikut manfaat dan beberapa cara untuk membangun kemampuan bersosialisasi anak

 


1. Suasana rumah

Menciptakan hubungan keluarga yang harmonis dapat menjadi salah satu cara anak untuk dapat berinteraksi baik dengan teman bermain dan lingkungan sekitarnya. Libatkan anak dalam setiap kegiatan yang sesuai dan ajak anak berkomunikasi dalam setiap kesempatan, maka akan timbul keberanian anak untuk berkomunikasi dengan teman sebayanya.

 


2. Kegiatan tambahan

Selain sekolah formal dan lingkungan rumah, sekolah musik, tim olahraga, club sepeda ataupun les melukis dapat dijadikan salah satu sarana untuk anak menambah teman. Selain mengasah bakat anak, kegiatan ini dapat melatih anak lebih dekat dan berkomunikasi tentang minat yang sama dengan anak lainnya yang memiliki kesamaan hobi.

 


3. Beri contoh

Setiap perilaku orang tuanya secara tidak langsung akan diikuti oleh anaknya. Berilah contoh yang baik maka anak juga akan melakukannya. Misalnya ketika bertemu dengan teman, saudara atau tetangga biasakan untuk menyapa maka anak juga akan mengikuti perilaku dan kebiasaan orang tuanya dengan menyapa teman, saudara atau tetangga jika bertemu. Hal ini dapat melatih kepercayaan diri anak untuk dapat memulai interaksi.

 


4. Ajak anak mengenal lingkungan luar

Biasakan anak untuk berinteraksi dengan dunia luar, tidak hanya di rumah dan di sekolah. Ketika bunda bertemu dengan teman-teman yang memiliki anak sebaya ataupun acara keluarga untuk bertemu dengan saudara-saudara sepupunya agar anak tahu dan mengenal bahwa mereka juga orang terdekat selain keluarga inti yang ada di rumah. Semakin banyak mengenal orang maka anak akan semakin merasa bangga memiliki banyak teman.

 

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved