Playpedia

Permainan Anak Meraba dan Mencium

Untuk anak usia taman kanak-kanak, tidak ada yang lebih menyenangkan ketika bermain bersama teman-teman sekelasnya. Untuk itu, banyak model permainan yang digunakan untuk membuat anak-anak lucu ini bersemangat untuk terus datang ke sekolah, sekaligus melatih mereka untuk bisa berkonsentrasi, bersosialisasi, bekerjasama dan lainnya.

Salah satu permainan yang cukup populer yang sering dimainkan anak-anak TK adalah permainan menyentuh dan memberi informasi. Permainan ini sendiri cukup unik dan sangat menyenangkan, karena anak-anak dituntut untuk mengetahui banyak benda di sekelilingnya, sekaligus bekerjasama dengan teman satu Timnya.

Cara Bermain Menyentuh dan Memberi Informasi

  • Pertama isi sebuah kantong besar dengan berbagai benda yang sudah anda siapkan. Sangat direkomendasikan, benda-benda tersebut berupa benda-benda yang tidak membahayakan. Misal mainan karet, kelereng, dan lainnya.
  • Setelah semua benda siap, buat anak menjadi beberapa Tim, dimana satu Tim anak terdiri dari dua orang.
  • Minta si anak untuk menutup mata temannya dengan menggunakan penutup mata (bisa menggunakan pengikat mata berwarna gelap, atau kacamata tidur).
  • Setelah itu, suruh si anak-anak tadi di tutup matanya mengambil benda dari kantong seperti orang yang sedang mengocok undian, dan mengambil benda tersebut kemudian menyebutkan nama benda tersebut beserta informasinya. Misalnya kelereng. Kelereng adalah alat permainan anak laki-laki dan dimainkan dengan cara menjentikan pada kelereng tersebut.
  • Setelah itu, si anak bergaintian untuk mengambil satu per satu benda dari dalam kantong tersebut, sampai benda didalamnya habis.

Menggunakan Penciuman: Bau apa yang tercium?

Selain permainan meraba dan menjelaskan informasi tentang benda tersebut, anda juga bisa sedikit memodifikasi permainan ini dengan cara menguji indera penciuman mereka dan mengetahui seberapa banyak pengetahuan mereka terhadap benda-banda berdasarkan aromanya.

Cara bermainnya hampir sama, cuman di sini si anak disuruh untuk mencium benda yang sudah anda siapkan sebelumnya. Anda bisa menyiapkan beberapa makanan yang memiliki aroma khas, seperti buah Nangka, Limus, Pisang, Jahe, kayu putih dan lainnya.

Setelah si anak mencium benda yang sudah anda siapkan tersebut, kemudian suruh si anak menyebutkan nama setiap benda yang diciumnya, dan menyebutkan informasi tentang benda tersebut.

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved