Playpedia

Permainan Sederhana Meniru Binatang Lucu

Bermain merupakan cara lain anak-anak untuk mendapatkan pelajaran, baik itu pelajaran bersosialisasi, mengenal alam dan lingkungannya, serta melatih kepekaan sosial si kecil. Untuk itu, para ahli parenting telah membuat banyak permainan yang ditujukan supaya si kecil bisa bermain sambil belajar dengan sangat menyenangkan, salah satu permainan ini adalah, membuat dan mengenal hewan.

Permainan ini sendiri cukup mudah, anda tinggal menyiapkan buku gambar binatang dan memperkenalkan jenis-jenis binatang tersebut. Tapi kalau di sekitar anda banyak terdapat binatang, anda bisa mengenalkan binatang-binatang tersebut kepada si kecil, seperti sapi, kuda, kucing, anjing, kelinci dan lainnya.

Cara Bermain

  • Setelah si kecil mengenal beberapa jenis binatang, cobalah untuk menyuruh si kecil untuk berpura-pura menjadi hewan yang dia sukai. Untuk lebih menambah semarak suasana, anda terlebih dahulu bisa mempersiapkan kostum binatang-binatang yang sia sukai (cara ini memang membutuhkan cukup banyak biaya untuk kostum).
  • Setelah itu, mintalah si kecil untuk memberi nama pada hewan tersebut. Misalnya ici untuk kelinci, apah untuk jerapah, ikan untuk ikan dan lainnya.
  • Buatlah sebuah situasi yang menggambarkan di mana hewan tersebut tinggal. Misalnya ikan, suruh si kecil bergerak layaknya ikan yang berenang, atau kalau kelinci, suruh si kecil meloncat-loncat seolah-olah dia seekor kelinci.
  • Buatlah susasana seolah waktunya makan, kemudian beritahu apa yang hewan tersebut makan. Kalau kelinci, anda bisa memberikannya makanan wortel, sayuran dan lainnya.
  • Jangan lupa, suruh si kecil juga untuk mengeluarkan suara-suara lucu seperti layaknya binatang tersebut.

Manfaat Permainan Meniru Binatang

Permainan sederhana ini sangat banyak manfaatnya, terutama untuk mengenalkan si kecil dengan jenis-jenis binatang yang ada di sekitarnya, dimana tempat hidupnya, makanan apa yang binatang tersebut makan dan bagaimana suara binatang tersebut.

Selain itu, permainan ini juga akan menuntut si kecil untuk aktif bergerak dan secara tidak langsung melatih kepercayaan dirinya. Untuk itu, ketika anda memiliki waktu luang bersama keluarga, tidak ada salahnya anda sekeluarga melakukan permainan ini, dimana anda bisa berperan sebagai binatang lainnya, suami anda berperan sebagai pemburu, dan si kakak berperan sebagai musuh alami binatang yang diperankan si kecil.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Melinda

terimakasih

MelodyNauli02

siappp

entinkartini0103

makasih infonya admin

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved