Playpedia

Permainan Kelompok Menjala Ikan

Usia lima tahun pertama merupakan masa tumbuh kembang, dimana dalam masa ini, anak akan diajarkan untuk mengenal lingkungan, membentuk kecerdasan sosial dan intelektual, serta pembentukan karakter. Tidak heran kalau usia ini di sebut sebagai sebagai masa keemasan.

Pada masa ini, kondisi fisik dan emosional anak sedang berkembang pesat. Dan salah satu kemampuan anak-anak yang sedang pesat berkembang pada masa ini adalah kemampuan motorik anak.

Kembangkan kemampuan motorik anak dengan bermain

Ungkapan yang menyatakan kalau bermain merupakan dunia anak, sangatlah tepat. Maka dari itu, dalam penyampaian pengembangan di Taman Kanak-kanak, kita sering melihat anak-anak yang melakukan beragam permainan. Pada prinsipnya, mereka bukan hanya bermain biasa, tetapi mereka sedang bermain sambil belajar. Dan salah satu permainan yang sangat populer bagi anak TK adalah permainan menjala Ikan.

Permaian menjalai ikan sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta ketrampilan gerak si kecil, selain itu permainan ini juga sekaligus menyalurkan hasrat bergerak dan menciptakan suasana gembira pada anak-anak.

Konsep bermain menjala ikan

Untuk melaksanakan permaianan ini, anda bisa menyuruh 2 sampai 3 anak bergandengan tangan dan berperan sebagai jala ikan. Di sisi lain, anak-anak berperan sebagai ikan yang harus ditangkap oleh anak-anak yang berperan sebagai jala ikan. Anak-anak yang berperan sebagai ikan, mereka bebas untuk berlarian di lapangan dengan ditentukan batas maksimal keluarnya.

Cara bermain

  • Pertama bagi anak dalam beberapa kelompok, dimana kelompok satu bertugas sebagai jala ikan, dan kelompok kedua bertugas sebagai ikan. Biasanya, kelompok yang berperan sebagai ikan akan dua kali lebih banyak dari kelompok yang berperan sebagai jala.
  • Setelah dibagi, berikan instruksi untuk memulai melakukan permainan dengan menggunakan peluit. Anak-anak secara otomatis akan menjalankan perannya masing-masing, dimana yang berperan sebagai jala ikan akan berusaha untuk menangkap ikan, sedangkan anak-anak tang berperan sebagai ikan akan berusaha untuk menghindari tangkapan anak-anak yang berperan sebagai Jala.
  • Permainan ini akan berakhir kalau sudah tidak ada ikan yang perlu di tangkap lagi oleh anak-anak yang berperan sebagai jala.

Catatan

Pastikan anak-anak berada di lapangan yang arenya cukup luas dan aman dari hal-hal yang berpotensi membahayakan. Mengingat permainan ini rentan menimbulkan cedera, anda harus hati-hati ketika mengawasi mereka.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

wulanhardianti94

wajib dicoba nih ama teman-temanya

AiraKhumaira

nambah pengetahuan lagi, makasih infonya

niayu

terimakasih info nya bisa diterapkan nih

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved