Playpedia

Permainan Membuat Adonan Patung

Secara naluri, anak-anak pasti akan menyukai berbagai benda yang menurutnya aneh dan bisa dimainkan. Memanfaatkan rasa keingin tahuannya, di sela waktu liburan, anda bisa mengajak si kecil untuk bermain membuat adonan lengket yang ketika di tekan akan keluar melalui sela jari. Cara membuat adonan ini juga tidak susah, bahkan hanya beberapa menit saja adonan tersebut sudah jadi.

Agar lebih bersemangat, cobalah anda mengajak si kecil untuk membuat adonannya sendiri. Setelah itu, biarkan anak-anak melakukan eksperimen dengan adonan tersebut, mereka bisa membuat patung benda-benda kesayangan mereka dari adonan tersebut, Misalnya berupa bulat-bulatan dibentuk menyerupai ikan, gajah, angsa dan lainnya.

Bahan yang diperlukan

Untuk membuat adonan ini, usahakan anda menggunakan bahan-bahan yang tidak berbahaya ketika tidak sengaja tertelan, atau yang berpotensi membahayakannya. Beberapa bahan yang bisa anda gunakan adalah:

  • 2 cangkir tepung terigu
  • 1 cangkir garam
  • 2 cangkir air
  • 2 sdm minyak goreng
  • 4 sendok teh krim tartar
  • Pewarna makanan dalam berbagai warna-warna yang menarik

Yang harus dilakukan

  1. Pertama-tama, masukan semua bahan kering tersebut ke dalam wadah bersih yang tidak mudah pecah, setelah itu masukkan air sambil sesekali diaduk supaya adonan merata. Agar lebih menyenangkan, libatkan si kecil dalam proses ini.
  2. Aduk-aduk adonan sampai rata dan bentuk menyerupai bola besar. Usahakan dalam tahap ini adonan sudah tidak terlalu lengket.
  3. Setelah itu, simpan adonan di atas permukaan yang bersih, dan uleni lagi adonan sampai menjadi halus dan kenyal. Hingga membentuk adonan patung lilin yang dijual di toko-toko mainan.
  4. Pecah adonan menjadi beberapa bagian, dan tambahkan beberapa tetes pewarna makanan untuk membuat adonan tersebut berbeda-beda warna. Kalau dibutuhkan, anda bisa mengombinasikan pewarna tersebut supaya warnanya lebih semarak.
  5. Biarkan anak-anak membuat patung yang mereka inginkan. Setelah mereka yakin dengan patung yang dibuatnya, biarkan patung yang sudha jadi tersbeut semalaman supaya adonannya mengeras.

Permainan ini akan mengasah kreativitas anak untuk membuat benda-benda yang disukainya. Selain itu, permainan adonan ini secara tidak langsung melatih daya nalar dan imajinasi anak-anak.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

geby_ariesa

kerenn

wardafaridiyah

bagus ini..

utep_iskandar

permainan yg bagus

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved