Playpedia

Ajak Si Kecil Bermain Dengan Tetangga!

Belakangan ini, banyak orangtua yang mengurung di dalam rumah dengan ditemani gadget dan mainan pintar yang katanya bisa mengasah keterampilan dan daya nalar anak. Padahal sejatinya, yang anak butuhkan bukan hanya kecerdasan intelektual saja, tapi kemampuan beradaptasi, bersosialisasi dan mengenal lingkungan jauh lebih dibutuhkan mereka.

Kalau anak anda termasuk anak yang terkurung dan jarang diajak bersosialisasi, kenapa anda tidak mencoba untuk mendorong  si kecil bermain dengan anak tetangga yang seusianya? Terlebih kalau suasana kompleks tempat tinggal Anda dirasa cukup mendukung dan terdapat banyak anak-anak seusianya yang kerap bermain di sore hari.

Bermain di luar mendukung perkembangan anak

Seperti dijelaskan diatas, anak-anak sangat membutuhkan kemampuan untuk beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Belajar bersosialisasi, juga merupakan salah satu pelajaran untuk bertahan hidup, sekaligus mendukung tumbuh kembang si kecil.  Melalui kegiatan ini, si kecil akan dikenalkan dengan lingkungan tempat tinggalnya, bersosialisasi, dan tentu saja mendapatkan teman baru.

Nah, kalau si kecil tidak memiliki pengalaman untuk bersosialisasi, cobalah untuk membantu dia untuk belajar bersosialisasi dengan melakukan beberapa cara sederhana berikut ini.

Bermain di luar rumah

Karena sudah terbiasa diam didalam rumah, mungkin awalnya si kecil akan malu keluar sendiri disinilah peran anda sebagai orangtuanya, dengan cara mengajak si kecil keluar rumah dan mendekatkan dia dengan teman-teman seusianya.

Jangan paksa

Kalau si kecil masih malu untuk berkenalan dengan tetangganya, sebaiknya anda jangan memaksanya. Tapi jangan keburu menyerah, anda bisa membiarkan si kecil mengamati terlebih dahulu bagaimana anak-anak lainnya bermain. Biasanya, si kecil akan mulai tertarik dan mau bergabung ketika ada hal baru yang menurutnya menarik untuk dilakukan.

Saling membantu

Mungkin anda sudah mengajarkan kalau hidup itu harus saling membantu. Disinilah prakteknya, anda bisa mulai meminta si kecil untuk membantu tetangganya ketika mereka butuh bantuan. Dengan memberikan bantuan kepada tetangga, secara tidak langsung ini akan membuat langkah si kecil bersosialisasi lebih mudah dan menyenangkan.

Bersikap ramah

Ajarkan si kecil untuk selalu bersikap ramah kepada anak lainnya, dengan cara tersenyum ketika bertemu anak lainnya, berbicara dengan sopan, dan lainnya. Hal ini akan membantu si Kecil untuk lebih mudah menjalin pertemanan dengan anak-anak tetangga yang seusianya.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Widya

terima kasih infonya

treeika

tetangga ga banyak anak kecil..; (

imasjepry20

sip

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved