Playpedia

Ajak Aku Bermain Dong Bunda

Masa paling bahagia adalah masa kecil yang banyak dihabiskan untuk bermain, bermain dan bermain. Seiring dengan berjalanya waktu, permainan untuk si kecil berbeda jika dibandingkan dengan jaman dahulu. Permainan saat ini banyak dipengaruhi oleh teknologi. Anak-anak pun dengan mudah mendapatkan permainan yang mereka inginkan.

Walau kini banyak beragam permainan yang tersedia si kecil, pengawasan serta pendampingan saat si kecil bermain sangat di perlukan. Hal ini juga dapat mempererat ikatan emosional antara Bunda dan anak. Berikut ini beberapa permainan kreatif yang bisa Bunda lakukan bersama dengan di kecil:

1. Main Adonan (Playdough)

Mainan ini di telinga anak-anak sangat familiar sekali. Bagi anak-anak permainan ini sangatlah menyenangkan. Disini si kecil dapat membuat beragam bentuk seperti binatang, bunga, bahkan bentuk kue-kue sekalipun. Tidak hanya itu, si kecil juga dapat berkreasi dengan mengkombinasikan berbagai warna playdough dalam sekali adonan. Bunda bisa membantu dan memberikan arahan kepada si kecil.

Dengan harga yang terbilang mahal, Bunda dapat membuat sendiri adonan plyadough dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur. Berikut bahan-bahannya. Campurkan 300 gr tepung terigu, 325 gr garam, 2 sendok teh soda kue, tambahkan 2 sendok minyak goreng, dan 600 ml air ke dalam sebuah panci. Tambahkan pewarna makanan untuk memberikan warna pada adonan. Setelah semuanya tercampur merata, panaskan diatas kompor sambil terus diaduk sampai mengental dan keras. Dinginkan adonan sebelum di mainkan si kecil. Agar lebih menarik, buat beberapa variasi warna.

2. Permainan Menempel

Satu lagi permainan yang disukai oleh anak-anak yakni permainan menempel (Kolase). Kolase adalah seni menempel berbagai benda seperti kertas, daun kering, biji-bijian, plastik, kain, termasuk batu dan logam kedalam sebuah frame sehingga menghasilkan karya seni baru. Jenis permainan ini bagus untuk melatih dan mengembangkan kemampuan berekspresi, mengenal warna, bentuk, dan tekstur benda kepada si kecil.

Aktifitas menggunting dan menempel juga dapat mempertajam skil koordinasi mata dan gerak tangan mereka.Bunda pastikan memilih bahan dan peralatan yang aman bagi si kecil sebelum memulai ya. Bunda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan disekitar rumah seperti kertas, kain, daun dan biji-bijian kering.

3. Kotak dan tas

Permainan yang tak kalah menariknya adalah bermain kotak dan tas. Anak-anak sangat antusias ketika menciptakan jenis permainan baru. Bunda bisa membuat boneka tangan dari kantong kertas bekas. Pilih kantong kertas kecil kemudian berikan gambar mata dan mulut. Lubangi dengan gunting untuk hidung atau telinganya. Masukan kedalam tangan si kecil agar dia menggunakan jarinya sebagai hidung atau telinga si boneka tas kertas yang dibuatnya Selain kertas, Bunda juga bisa menggunakan kardus yang cukup besar. Lubagi bagian bawah untuk tempat kaki si kecil, hias kotak kardus menjadi bentuk mobil atau pesawat. Biarkan si kecil berimajinasi menjadi pilot atau supir bus. Dijamin si kecil pasti menyukainya.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

jesicasinambela

artikel yg baguss ????????????

mamahnya_acel544

saya terkadang mengabaikan si kaka karena sibuk dengan adik nya

princessmerry

wah infonya keren, manambah inspirasiku bermain bersama anak, aku ingin buat playdough sendiri setelah baca artikel ini..

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved