Playpedia

Nikmati Waktu Libur Dengan Bermain Kasti

Pada saat memasuki musim liburan panjang sekolah, berarti anda dan keluarga punya lebih banyak waktu luang untuk berlibur bersama keluarga. Tapi kalau kebetulan anda tidak memiliki rencana untuk berlibur keluar Kota atau ke tempat liburan lainnya, sepertinya tidak ada salahnya anda memanfaatkan halaman belakang rumah untuk mengajak anak-anak bermain Tim kasti.

Pemainan kasti pada dasarnya mirip dengan permainan baseball, tapi dalam versi sederhana dan tradisional. Untuk menjalankan permainan ini, pertama-tama suruh anak anda untuk mengundang teman-temannya yang lain. Kemudian minta mereka untuk membentuk 2 Tim kasti, dimana disini anda berperan sebagai wasit, tapi kalau dibutuhkan, anda bisa ikut terjun bermain bersama mereka.

Yang diperlukan

  • Lahan sebesar 7x12 Meter atau minimalnya, bisa dipakai untuk membuat anak-anak berlari.
  • Empat penanda base. Anda bisa menggunakan apa saja sebagai penanda, selama ini tidak berpotensi membahayakan mereka.
  • Tongkat pemukul lengkap dengan bola kasti atau bola tenis. Untuk tongkat pemukul, anda bisa menggunakan tongkat kayu yang sedikit dimodifikasi supaya mudah dipegang anak-anak.

Cara bermain

  1. Atur tim untuk melakukan pengundian Tim mana yang memiliki giliran pertama memukul, serta Tim mana yang harus berjaga.
  2. Setiap tim akan mengambil giliran sekali untuk memukul, dan Tim lainnya harus berjaga di lapangan. Ini mirip dengan permainan Baseball.
  3. Biarkan mereka untuk memutuskan siapa pelempar bola, sekaligus si pemukul pertama.
  4. Si pelempar bola berdiri di tempatnya dan melemparkan bola ke arah si pemukul.
  5. Kalau si pemukul berhasil memukul bola dengan tepat, maka permainan dilanjutkan dengan si pemukul dapat berlari ke arah base pertama.
  6. Si pemukul harus keluar kalau dia gagal memukul bola dalam 3 kali kesempatan, fielder atau pemain bertahan mengenai base dengan bola sebelum si pemukul datang, atau jika si pemukul menempati base yang telah ditempati oleh pemukul lainnya.
  7. Skor untuk permainan ini akan dihitung dari jumlah pemukul yang mampu berlari mengelilingi area dengan terlebih dahulu menginjak base.

Permaianan kasti ini merupakan permainan fisik yang akan mengajarkan anak-anak berkoordinasi dengan baik, berkonsesntarsi dan melancarkan strategi untuk bisa mengalahkan semua lawan. Selain itu, mereka pun dituntut untuk bisa bermain dalam sebuah Tim.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

sitinafilah

makasih infonya

ani

Mengasikan

widayantilestary26

waktu kecil seneng bgt main ni kasti

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved