Nature & Health

Ternyata Indonesia Punya Taman Nasional yang Keren Banget, Apa Saja?

Photo credit: pexels

Indonesia memiliki banyak kekayaan alam yang masih terjaga dengan berbagai spesies flora dan fauna yang beragam. Bahkan beberapa taman nasional di Indonesia masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO lho, Bunda. Apa saja?

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan tempat perlindungan gajah di Indonesia. Lokasinya terletak terletak di Lampung dan menjadi pusat konservasi, penjinakan, penangkaran, pelatihan, perkembangbiakan, dan pelatihan gajah. Selain gajah, taman nasional yang memiliki luas 1.300km2 ini juga memiliki beberapa satwa langka lain seperti badak sumatera, gajah sumatera, buaya sapit dan masih banyak lagi. Kawasan ini didominasi oleh hutan lindung yang luas dan beberapa aliran sungai yang masih sangat alami.

Taman Nasional Komodo

Di NTT, ada Taman Nasional Komodo yang terdiri atas tiga pulau besar, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar dengan luasnya yang mencapai 1817km2. Taman nasional ini termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO dan sesuai namanya, merupakan habitat komodo, salah satu reptil purbakala yang masih tetap ada hingga sekarang. Bunda bisa menemukan banyak sekali komodo tersebar di seluruh area pulau. Keanekaragaman biota laut di Taman Nasional Komodo juga tak kalah mempesona dengan ratusan terumbu karang,

Sebanyak 70% areanya merupakan padang rumput dan hutan savana, dan 25% merupakan vegetasi hutan tropis musim dengan berbagai jenis tumbuhan. Taman Nasional Komodo merupakan habitat bagi banyak hewan lainnya seperti juga rusa, monyet ekor panjang, kakatua jambul kuning, ular, dan penyu

Tidak hanya trekking untuk melihat komodo saja, Bunda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing, snorkeling, diving, kano, dan camping. Bunda bisa mengajak si kecil mengunjungi Taman Nasional Komodo untuk mengenal berbagai macam fauna dan flora yang ada.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau yang biasa disebut TNBTS ini merupakan kawasan terkenal di kalangan pendaki karena di sini ada tiga gunung terkenal di Jawa Timur, yaitu Bromo, Tengger, dan Semeru. Bunda pasti sudah sering mendengar popularitas Ranu Kumbolo yang indah di kawasan Gunung Semeru. Tak hanya itu, kawasan TNBTS juga memilki bunga edelweis yang langka dan dianggap sebagai bunga abadi.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran berada di Jawa Timur, tepatnya daerah Banyuwangi dan Situbondo, Taman Nasional Baluran diambil dari nama Gunung Baluran yang berada di dekat area taman nasional. Banteng merupakan satwa utama yang menjadi ciri khas Taman Nasional Baluran.

Taman nasional satu ini memiliki banyak pos pengamatan. Misalnya pos Batangan untuk menikmati peninggalan sejarah Goa Jepang dan habitat burung merak. Tidak ketinggalan Pos Bama, Balanan, dan Bilik yang menjadi destinasi wisata bahari, menyelam, memancing, dan snorkeling. Bahkan di sini Bunda juga bisa melihat atraksi perkelahian antar rusa jantan dan kera abu-abu yang memancing kepiting dengan ekor.

Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri terletak di Banyuwangi, Jawa Timur dan merupakan tempat konservasi penyu yang ada di Indonesia. Meskipun lokasinya sedikit terpencil, taman nasional dengan curah hujan tinggi ini banyak didatangi oleh wisatawan karena tergoda dengan pantainya yang masih jarang terjamah oleh manusia, sehingga masih sangat alami dan menjadi tempat yang aman untuk penyu berkembangbiak.

 

Bunda dan keluarga bisa mengunjungi beberapa taman nasional di Indonesia yang cocok untuk liburan keluarga. Jangan lupa untuk selalu membawa Konicare Minyak Kayu Putih Plus untuk selalu memberikan kehangatan sehingga si Kecil terhindar dari masuk angin, serta kandungan lavender dan geranium yang memberikan keharuman alami tanpa tambahan parfumnya pun efektif melindungi si Kecil dari gigitan nyamuk/serangga selama 8 jam, dan yang pasti sudah halal ya Bun!

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved