Nature & Health

Manfaat Daun Asam Jawa Untuk Wanita

Buat para penggemar jamu tradisional, apalagi yang di jajakan oleh penjual jamu gendong, anda pasti tahu salah satu jamu yang bernama sinom. Jamu sinom ini merupakan jenis jamu yang cukup enak jika dibandingkan dengan jenis jamu lainnya yang terasa pahit. Kebanyakan sinom diminum untuk penetralisasi rasa dari jamu yang terasa pahit.

Tapi tahukah anda kalau sinom berasal dari daun asam? Walaupun tidak seperti jamu pada umumnya, kandungan daun asam dalam sinom ini sangat baik untuk tubuh. Seperti dikutip dari laman stylecraze.com, inilah beberapa manfaat yang bisa anda petik dari daun asam yang terkandung dalam sinom.

Penyembuhan malaria

Penyait malaria merupakan jenis penyakit berbahaya yang disebabkan oleh nyamuk Anopheles betina yang membawa plasmodium falciparum. Untuk mengatasi penyakit ini, anda disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun asam, karena daun asam memiliki kandungan anti-bakteri yang bisa menghambat perkembangan dari plasmodium falciparum.

Mengobati sakit kuning

Diabetes dan penyakit kuning sangat berhubungan erat dengan fungsi empedu dan hati. Mengatasi hal ini, daun asam merupakan solusi terbaik karena mampu memperbaiki fungsi hati. Selain itu, daun asam jawa juga mampu membantu merangsang produksi insulin ke dalam darah, hal inilah yang akan membantu kinerja empedu untuk menyaring darah lebih baik.

Mengatasi gusi berdarah

Sariawan dan gusi berdarah umumnya disebabkan karena keadaan rongga mulut yang kotor. Selain itu, sariawan juga disebabkan karena kekurangan vitamin C. Untuk itulah daun asam diyakini mampu mengatasi masalah sariawan ini karena kandungan vitamin C yang berlimpah, asam askorbat dan bisa berfungsi juga sebagai antioksidan.

Mengatasi kram menstruasi

Kalau anda termasuk wanita yang sering kram pada bagian bawah perut dan punggung ketika menstruasi, sepertinya meminum rebusan daun asam beserta dengan asamnya merupakan solusi terbaik untuk anda. Hal ini disebabkan daun asam bersifat analgesik, sehingga akan mampu mengatasi masalah menstruasi yang dialami banyak wanita.

Mengatasi peradangan

Kalau anda saat ini menderita radang atau bengkak, cobalah untuk meminum daun asam supaya luka yang anda derita bisa segera sembuh. Daun asam memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa digunakan untuk meredakan sakit akibat peradangan, nyeri sendi dan akibat peradangan lainnya. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan di dalamnya akan membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anda.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

dwi_arum_nofayanti410

jd pengen wedang asem

Relly_Silva

wah ternyata selain buat jamu masih banyak manfaatnya ya...bisa buat penyakit malaria jg. kirain buat jamu datang bulan doank ????

lisa_anggela84

baru tau kalau daun asam jawa bisa dibuat jamu

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved