Nature & Health

Beberapa Bumbu Dapur yang Memiliki Khasiat Istimewa

Ada beberapa jenis tanaman obat yang juga biasa dijadikan sebagai bumbu dapur, bisa saja anda tidak pernah menyadari kalau beberapa bumbu dapur yang sering anda gunakan sebagai bahan masakan, ternyata memiliki kandungan ajaib yang mampu memberikan khasiat lebih untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Dilansir dalam laman stylecraze.com, berikut merupakan beberapa tanaman herbal yang tidak kita sadari ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Kemangi

Si hijau kemangi merupakan salah satu anggota keluarga basil. Daun dengan aroma yang khas ini sering kita temui dalam beberapa makanan tradisional sunda, seperti aneka macam pepes dan lalapan sambal. Rasanya yang hampir mirip dengan daun mint, ternyata memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, beberapa diantaranya adalah untuk memperkuat sistem imun tubuh.

Daun basil

Daun basil merupakan keluarga dekat daun kemangi. Khasiatnya pun hampir sama, bahkan duan basil ini dikenal sebagai pelengkap makanan yang tidak mengandung kolesterol dan sangat rendah kalori. Untuk itu, anda sangat disarankan untuk menambahkan daun basil ini dalam salad diet Anda.

Seledri

Buat anda penggemar bakso dan sayur sop, anda pasti sudah mengenal daun seledri. Memiliki aroma yang khas menyegarkan, telah membuat daun ini banyak digemari keluarga. Tapi jangan salah, daun seledri dipercaya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dan mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Daun dan biji ketumbar

Ketumbar merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat. Biji ketumbar diketahui memiliki kandungan minyak atsiri yang bisa mengoptimalkan fungsi organ tubuh. Sedangkan daun dan biji ketumbar sendiri diketahui merupakan sumber vitamin K yang sengat efektif untuk membangun masa tulang dan membantu untuk produksi sel darah merah dalam tubuh.

Sereh atau serai

Serai atau sereh merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Dari mulai aromanya yang bisa dipakai sebagai aroma terapi, mengatasi stress dan depresi. Selain itu, serai juga termasuk tanaman herbal non-kolesterol, anti septik alami, anti mikroba, anti inflamasi dan anti jamur. Tidak heran kalau akhirnya daun serai ini sering dipakai untuk perawatan miss V dan berbagai penyakit kulit lainnya.

Daun bawang dan kucai

Kedua bumbu dapur ini diketahui mengandung antioksidan berlimpah. Kalau anda termasuk orang yang mudah sakit, sering bekerja hingga larut malam dan sering begadang, sangat disarankan untuk mengonsumsi daun bawang dan kucai. Antioksidan yang terkandung didalamnya mampu menjaga daya tahan tubuh dan membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

princessmerry

kemangi dan daun bawang yg paling kusuka...

Heny

Infonya sangat bermanfaat dan menambah ilmu buat para bunda. Jangan lupa share ke bunda lain ya bun..

Heny

Ternyata banyak sekali manfaat bumbu2 dapur tersebut yach bun.. Jadi suka masak nich.

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved