Nature & Health

4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

Pada umumnya, minyak zaitun dibuat dengan cara menekan buah zaitun agar minyaknya terekstraksi. Banyak orang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan pelengkap untuk mengolah makanan. Padahal, minyak zaitun juga baik untuk kulit. Itu mengapa Bunda akan menemukan minyak zaitun dalam kandungan produk-produk kecantikan.

Selain diproduksi sebagai produk kecantikan, minyak zaitun juga banyak digunakan untuk produk-produk kesehatan dan perawatan tubuh. Manfaatnya bahkan dapat dirasakan tidak hanya oleh orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak. Agar Bunda tahu lebih banyak, ini beberapa manfaat baik minyak zaitun untuk kulit.

Menghaluskan kulit

Minyak zaitun mengandung squalene yang berguna untuk melembapkan serta menghaluskan kulit sehingga membuat kulit terlihat bersih dan sehat. Tidak hanya untuk kulit saja, kandungan squalene pada minyak zaitun juga dapat melembutkan rambut.

Dengan adanya kandungan ini, Bunda juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai sunblock untuk melindungi Bunda dan si kecil dari paparan matahari, apalagi jika si kecil sedang aktif-aktifnya bermain di luar ruangan.

Mengatasi peradangan

Minyak zaitun juga sudah terbukti memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan, terutama peradangan pada kulit yang dapat berujung pada penyakit seperti dermatitis dan kanker kulit. Minyak zaitun mengandung zat oleocanthal yang bekerja mirip dengan ibuprofen. Ibuprofen sendiri adalah jenis obat-obatan yang digunakan khusus untuk mengatasi peradangan. Selain oleocanthal, terdapat juga asam oleat, yakni asam lemak utama di dalam minyak zaitun yang dapat mengurangi gejala peradangan pada tubuh.

Memiliki kandungan antibakteri

Selain bertindak sebagai anti-inflamasi atau anti peradangan, minyak zaitun juga sudah terbukti memiliki sifat anti bakteri sehingga sering diklaim dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada kulit. Salah satu yang sudah teruji adalah bagaimana minyak zaitun dapat diandalkan untuk mengatasi borok di kulit yang disebabkan oleh penyakit diabetes tipe 2. Minyak zaitun juga kerap digunakan untuk membersihkan luka gores pada kulit untuk mencegah masuknya bakteri.

Mengandung antioksidan

Minyak zaitun cukup terkenal mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah proses penuaan diri pada kulit dan menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa kimia yang dianggap dapat merusak sel kulit juga sel tubuh sekaligus jadi penyebab berkembangnya sel-sel kanker dan tumor pada tubuh. Radikal bebas yang berasal dari luar tubuh ini termasuk polusi udara, radiasi cahaya ultraviolet (UV), serta sinar-X, dan asap rokok.

Itu dia empat manfaat yang dari minyak zaitun untuk kulit Bunda dan si kecil. Saat digunakan, minyak zaitun juga mengeluarkan aroma wangi yang membuat nyaman. Tetapi, Bunda juga perlu memperhatikan bagaimana cara menyimpan minyak zaitun dengan baik.

Jika minyak zaitun masih tersegel dan tertutup rapat, minyak zaitun bisa bertahan hingga dua tahun. Namun jika botol minyak zaitun sudah dibuka, minyak zaitun hanya dapat bertahan 30 hingga 60 hari. Bunda juga harus memerhatikan tempat penyimpanan minyak zaitun botol tersebut. Pastikan minyak zaitun disimpan jauh dari panas dan cahaya langsung sinar matahari.

Minyak zaitun adalah jenis minyak yang aman digunakan untuk hampir semua jenis kulit. Bunda bisa menggunakan minyak zaitun hingga 2x hari sekali setelah mandi. Caranya, tinggal oleskan sedikit minyak ke area kulit yang butuh perawatan.

Kecuali untuk kulit yang sangat sensitif dan mudah berjerawat, penggunaan minyak zaitun harus dibatasi. Jika kulit Bunda atau si kecil termasuk kulit sensitif, maka sebaiknya gunakan sedikit minyak zaitun sekali dalam sehari di malam hari dengan kondisi suhu lebih sejuk ketimbang siang hari agar kulit tidak terlalu bereaksi pada pemakaian.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Widya

trmksi konicare

treeika

wah ternyata bagus buat kulit ya..

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved