Nature & Health

Si Kecil Sering Demam atau Batuk? Ketahui Penyebabnya Di Sini

Ternyata ada berbagai faktor yang dapat membuat Si Kecil sering terkena penyakit, terutama demam dan batuk. Bunda tidak perlu terlalu cemas dan panik dulu ya, yuk kenali dulu apa saja yang biasanya menjadi penyebab si Kecil kerap mengalami dua penyakit tersebut :

Alergi

Bila si kecil kerap mengalami batuk yang berulang, membaik dalam 5 hingga 7 hari namun kemudian kambuh lagi, bisa jadi ia memiliki alergi. Segera kenali dan cari apa yang mungkin jadi penyebab alerginya, bisa karena makanan atau minumannya, atau bahkan dari udara yang ada (beberapa anak kecil tidak bisa dengan udara dingin dari AC).

Saat terkena alergi, biasanya batuk akan disertai dengan demam tinggi hingga 39 derajat, jadi Bunda tidak usah panik dulu jika si kecil mendadak demam. Segera periksakan ke dokter kepercayaan Bunda untuk mengatasinya ya.

Faktor Genetik

Apa Bunda dan Ayah saat kecil juga kerap mengalami demam dan batuk? Bila iya, bisa jadi hal tersebut menurun pada si kecil. Faktor genetik ini biasanya berhubungan dengan kerentanan seorang anak terhadap infeksi dari virus atau bakteri tertentu. Umumnya, anak laki-laki lebih sering terkena penyakit dari faktor ini.

Lingkungan Memang Berpengaruh

Selain alergi dan genetik, faktor lingkungan juga berpengaruh pada ketahanan tubuh si kecil. Faktanya, anak yang mengikuti prasekolah mengalami infeksi hingga menyebabkan demam dan batuk 1,5 hingga 3 kali lebih banyak daripada anak yang tinggal di rumah. Hal ini bukan berarti Bunda tak boleh menyuruhnya sekolah, tetapi harus mengajarkan kebersihan padanya. Seperti cuci kaki dan tangan setiap pulang dan akan berangkat sekolah atau saat istirahat.

Selain sekolah, faktor rumah seperti ada anggota keluarga yang merokok juga bisa menjadi penyebabnya. Anak yang menjadi perokok pasif mendapatkan kemungkinan mudah sakit dua kali lipat. Selain itu, jumlah anggota keluarga di rumah juga berpengaruh. Semakin banyak jumlah anggota keluarga, umumnya anak akan semakin mudah terkena penyakit. Karena itu, sebaiknya sebelum kontak langsung dengan si kecil, semua orang di dalam keluarga Bunda harus mencuci tangan mereka. Bila sudah ada gejala sakit, mereka juga sebaiknya tak mencium si kecil.

Ada banyak faktor yang menyebabkan si kecil dapat terserang demam dan batuk yang terus kembali. Jadi, pastikan Bunda senantiasa memantau berbagai faktor penyebab dan selalu menjaga kesehatan seluruh keluarga terutama si Kecil.

 

Photo credit: Pixabay.com

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

wardafaridiyah

informatif banget

sitinafilah

makasih infonya

utep_iskandar

sangat informatif

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved