Mitos & Fakta

Mendengarkan Mozart Akan Membuat Bayi Lebih Pandai

Selama ini kita sangat percaya kalau memperdengarkan musik klasik kepada si kecil akan membuatnya lebih pintar, bahkan kebiasaan ini sering dilakukan oleh para orangtua semenjak si kecil masih dalam kandungan. Ketika sudah lahir, si kecil pun akan terus menerus diperdengarkan musik klasik karya komposer ternama tersebut.

Ironisnya, bukan hanya kita saja yang mempercayai mitos yang melegenda ini, justru sudah lebih dari 15 tahun, para ilmuwan juga terkecoh karena mereka sama sama mempercayai anggapan, kalau mendengarkan musik klasik, maka akan membuat bayi memiliki otak yang cerdas.

Tapi sekarang mereka sudah sadar, bahkan dari sejumlah peneliti, dan salah satunya dilakukan oleh Martin Voracek, Jakob Pietschnig dan Anton K. Formann University of Vienna Austria, menyatakan kalau musik klasik tidak memberi efek apapun terhadap kemampuan kognitif si kecil.

Dalam riset yang berjudul Mozart effect, menemukan kalau mendengarkan musik klasik, khususnya karya Mozart, ternyata tidak mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang. Bahkan penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam US Journal Intelligence.

Tidak hanya itu, dalam penelitian lain yang dilaksanakan pada tahun 1993, tim penelitian dari University of California, menemukan hal yang sama. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam journal Nature tersebut, menyebutkan kalau mendengarkan musik klasik karya Mozart atau kompoeser lainnya, tidak akan memberikan efek apapun kepada perkembangan kecerdasan si kecil. Meskipun ini dilakukan semenjak si kecil masih dalam kandungan.

Peneliti menilai kalau mendengarkan musik klasik hanya akan mempengaruhi selera musikalitas si kecil saja, tetapi jangan berharap akan mampu meningkatkan kecerdasannya. Bagaimanapun juga, kecerdasan si kecil sangat bergantung kepada bagaimana pola asuh dan metode pendidikan si kecil, seberapa baik asupan nutrisi yang diterimanya, serta semaksimal apa anda mengembangkan bakatnya.

Seorang psikolog dari Emory University, yakni Scott E. Lilienfeld juga berpendapat yang sama, dimana dia menyebutkan kalau musik Mozart memang akan mempengaruhi kepada selera musikalitas seseorang, tapi tidak akan berpengaruh kepada peningkatan kecerdasan si kecil. Bahkan secara khusus, dalam bukunya yang berjudul 50 Mitos Paling Popular, Lilienfeld telah menempatkan Mozart Effect di posisi keenam sebagai mitos yang paling populer di dunia.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

himma

terimakasih

Alisca

ok

bundaninas_86

Thank you fo sharing

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved