Mitos & Fakta

Fakta Unik yang Jarang Diketahui Seputar Bayi Baru Lahir

Bunda, pasca persalinan tentu ada banyak tantangan yang harus dihadapi, terutama dalam hal merawat bayi baru lahir. Ini adalah kali pertama Bunda memiliki buah hati? Tentu saja, setiap tumbuh kembangnya menjadi pusat perhatian bagi Bunda dan Ayah. Di samping ukuran tubuhnya yang masih sangat mungil, bayi baru lahir ternyata memiliki banyak fakta unik yang bahkan jarang diketahui oleh orang tuanya sendiri. Penasaran seperti apa? Yuk cari tahu!

Belum mempunyai tempurung lutut

Sering kali luput dari perhatian Bunda sebagai orang tuanya, bayi baru lahir ternyata belum mempunyai tempurung lutut. Di bagian lututnya hanya ada kartilago atau lebih dikenal masyarakat umum dengan istilah tulang rawan. Tenang saja, Bunda tidak perlu khawatir sebab kondisi ini normal terjadi. Pasalnya, tulang tempurung lutut pada bayi baru akan muncul di usianya yang sudah memasuki enam bulan.

Menangis tanpa air mata

Setiap bayi baru lahir pasti akan menangis. Bahkan setelah berada di rumah, bayi akan tetap menangis saat merasa lapar atau tidak nyaman. Namun, pernahkah Bunda perhatikan secara detail bahwa bayi menangis tanpa disertai dengan air mata? Hal ini terjadi karena kelenjar air mata belum bekerja sempurna hingga bayi tersebut berusia 3 – 4 minggu. Sementara air mata baru akan diproduksi secara sempurna saat bayi berusia 2 – 3 bulan.

Bayi baru lahir memiliki perut buncit

Bunda, meski baru lahir, beberapa bayi justru memiliki perut membuncit. Inilah yang membuat sebagian orang tua akhirnya memakaikan gurita agar ukuran perut bayi kembali normal. Padahal, perut buncit pada bayi baru lahir adalah normal sebab organ pencernaan di dalamnya masih melakukan adaptasi dengan dunia di luar rahim. Memakaikan gurita justru terbilang membahayakan karena bisa menghambat pernapasan serta menimbulkan iritasi pada permukaan kulit bayi.

Bayi laki-laki dapat mengalami ereksi

Apabila Bunda memiliki bayi laki-laki, cobalah perhatikan saat ia akan buang air kecil. Umumnya, bayi laki-laki yang masih berusia beberapa minggu dapat mengalami ereksi sebelum buang air kecil atau saat diganti popoknya. Sementara testis bayi laki-laki baru lahir justru sulit terlihat karena otot yang melekat pada testis tersembunyi di dalam pangkal paha.

Feses pertama akan berwarna hitam kehijauan

Karena baru mengonsumsi ASI, maka bayi baru lahir akan memiliki tekstur feses yang relatif lengket. Warnanya bahkan tidak kekuningan, melainkan hitam kehijauan di hari kedua setelah proses persalinan akibat zat mekonium yang dibawa dari rahim. Fakta ini tentu tidak disadari oleh setiap orang tua, apakah Bunda termasuk salah satunya? Tentu saja, seiring dengan berjalannya waktu, tekstur feses bayi akan semakin memadat dengan warna yang berubah kecokelatan hingga kuning seperti feses pada umumnya.

 

Selain beberapa fakta unik yang belum banyak diketahui tadi, bayi baru lahir ternyata juga memiliki jumlah tulang yang lebih banyak sekitar 300 tulang. Hal ini dikarenakan kondisi tulang yang masih lunak dan saling tumpang tindih. Seiring tumbuh kembangnya, tulang bayi akan berkurang menjadi 206 tulang dan memiliki tekstur yang lebih padat dan kuat, terutama pada bagian tulang tengkorak.

Bagaimana menurut pendapat Bunda? Apakah ada fakta-fakta lain yang belum disebutkan di atas? Yuk, bagikan cerita Bunda dalam merawat bayi baru lahir untuk memotivasi para orang tua di seluruh penjuru nusantara!

 

Photo Credit: Pexels

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

nataliasianipar

betul

dewinta

ok

michael

thanks info nya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved