Mitos & Fakta

Makan Wortel Akan Meningkatkan Penglihatan

Selama ini kita kerap disuguhi mitos yang menyatakan kalau, konsumsi wortel akan mampu meningkatkan penglihatan seseorang. Akibatnya, banyak orangtua yang akhirnya menyuruh anaknya untuk rajin mengonsumsi wortel karena ingin anaknya memiliki penglihatan yang bagus.

Tapi faktanya, vitamin yang terkandung dalam wortel memang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata seseorang, tapi wortel tidak akan mampu meningkatkan ketajaman visual orang yang memang sudah memiliki masalah penglihatan.

Mitos diawali dari ketika Perang Dunia II

Mitos ini sendiri mulai berkembang sejak Perang Dunia II. Ketika itu, seorang pilot pesawat tempur angkatan udara Inggris yang bernama John Cunningham, mengaku kalau dirinya memiliki penglihatan yang bagus, terutama penglihatan di malam hari, setelah dia rajin mengonsumsi wortel.

Menanggapi cerita ini, akhirnya banyak orang yang rajin mengonsumsi wortel, mereka percaya kalau dengan mengkonsumsi wortel, mereka akan memiliki penglihatan yang sempurna seperti yang dimiliki oleh kapten John Cunningham. Bahkan, wortel sempat menjadi makanan wajib bagi angkatan udara Inggris.

Faktanya, seperti yang dikutip dari laman Howstuffworks, sayuran wortel kaya akan senyawa beta karoten, yakni suatu zat yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, yang merupakan salah satu komponen gizi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

Walaupun begitu, anda harus tahu kalau wortel bukanlah satu-satunya sayuran yang mengandung beta karoten, makanan lainnya seperti seperti ubi jalar, aprikot, mangga dan labu juga merupakan sumber beta karoten yang sangat berlimpah. Tidak hanya lewat sayuran, beta karoten juga bisa anda dapatkan dari makanan yang bersumber dari hewan, seperti keju, susu, kuning telur, hati dan lainnya.

Jadi, mitos yang menyatakan kalau, mengonsumsi wortel secara rutin dapat membuat penglihatan bagus itu tidak sepenuhnya benar, karena wortel tidak cukup mampu untuk mengobati seseorang yang memiliki maslaah penglihatan, tapi kalau vitamin A mampu menjaga kesehatan mata seseorang, maka ini benar. Dan sumber vitamin A itu bukan hanya wortel saja, tapi banyak sumber vitamin A lainnya yang layak anda konsumsi.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

geby_ariesa

nice info

Ega

infonya sangat bermanfaat bunda

ifadatun

nuhun infonya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved