Mitos & Fakta

6 Mitos Seputar Bayi

1. Menjemur Bayi Di Pagi Hari

Menjemur bayi setiap pagi tidak sepenuhnya benar. Bayi memang perlu dijemur setiap pagi tapi tidak terlalu lama, cukup 10-15 menit di bawah jam 8 pagi. Hal ini lebih dianjurkan untuk bayi yang berwarna kuning. Sinar matahari dapat melebur bilirubin jadi senyawa yang larut dalam air dan akan dikeluarkan menjadi urin.

2. Bayi Harus Digendong

Menggendong bayi sudah menjadi budaya dan kebiasaan orang Indonesia. Hal ini dikarenakan menggendong bayi dapat membuat bayi merasa lebih tenang. Tapi hal ini tidak dapat melatih emosinya. Jika otot lehernya sudah mulai kuat dan dia dapat menegakkan kepalanya Anda bisa mulai mencoba mengajaknya bermain dengan mengangkatnya tinggi-tinggi atau mengayun-ayunkan badannya. Hal ini bisa membuat si bayi lebih baik dalam hal mengontrol emosi.

3. Bayi Boleh Ngompol

Bayi sampai usianya dua tahun masih wajar jika sering ngompol. Hal ini dikarenakan si bayi belum mampu mengontrol air seninya dengan sempurna. Namun Anda memang perlu mengajarinya bagaimana membiasakan dia untuk buang air. Karena baik untuknya kandung kemihnya. Jika usia dua tahun lebih dia masih mengompol, harap diwaspadai. Karena bisa jadi ada faktor lain misalnya psikologis atau biologis.

4. Air Dingin Membuat Bayi Kuat

Menganggap bayi bisa kuat dengan mandi air dingin itu sebenarnya tidak benar. Bayi masih terlalu mudah sakit akibat suhu yang berubah-ubah. Metabolismenya juga akan bekerja lebih cepat dan membuat bayi kedinginan dan mudah sakit. Maka dari itu, sebaiknya mandikanlah bayi dengan air yang hangat.

5. Wajar Bila Bayi Berliur

Wajar melihat bayi berliur hingga umur 4 tahun. Lebih dari itu perhatikan dengan baik. Apa ada masalah dengan rongga mulutnya. Karena ditakutkan ada radang atau infeksi pada rongga mulutnya. Air liur juga bisa menjadi tanda tumbuhnya gigi.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

ani

Terima kasih artikelnya inspiratif sekali.

princessmerry

trima kasih info bermanfaatnya...

buna_athif29

no.4 bermanfaat sekali saya jadi tau kalo yg saya lakukan kurang tepat saya memandikan anak air dingin dari usia 2blan

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved