Kehamilan

Tips Tidur Nyenyak Saat Hamil

Ketika hamil, rasa lelah, mual, sakit kepala, seluruh badan terasa sakit terutama area pinggang, punggung dan kaki dapat mengurangi kenyamanan dan kualitas tidur, padahal mencukupi kebutuhan tidur sangat penting bagi ibu hamil. Janin yang semakin hari semakin membesar membuat posisi tidur ibu menjadi serba salah dan kesulitan untuk bergerak mengubah posisi tidur. Posisi tidur yang salah pada ibu hamil bisa mengundang berbagai masalah kesehatan, seperti pembengkakan kaki, nyeri otot, kram, mendengkur, sesak, penurunan tekanan darah, atau sebaliknya, peningkatan tekanan darah atau preeklamsia yang dapat membuat plasenta tidak mendapat darah dalam jumlah yang cukup, sehingga bayi akan lahir dengan berat badan rendah. Berikut beberapa tips agar tidur nyenyak ketika hamil:

 


1. Bersihkan tubuh sebelum tidur

Membersihkan seluruh tubuh setelah beraktivitas seharian dapat membantu ibu hamil tidur nyenyak. Mandilah dengan air hangat dan sabun yang memilki aroma yang disukai dan tidak menambah mual. Kemudian kenakanlah pakaian yang paling nyaman dipergunakan agar saat tidur tubuh terasa bebas. Jika menyukainya, bunda juga dapat mengusapkan telapak kaki dengan minyak telon plus Konicare agar terasa hangat.

 


2. Jangan makan dan minum terlalu banyak menjelang waktu tidur

Sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan dan minuman terlalu banyak ketika sudah dekat waktu tidur, untuk menghindari perut terasa penuh dan tidak nyaman ketika tidur serta terlalu sering terbangun untuk buang air kecil. Cukup mengkonsumsi makanan ringan dan minum segelas susu hangat.

 

 


3. Latihan pernafasan

Latihan pernafasan dengan duduk di tempat tidur dengan menarik nafas dalam melalui hidung kemudian mengeluarkannya melalui mulut kemudian lakukan gerakan-gerakan ringan pada tangan, kaki, leher dan kepala untuk mengurangi ketegangan otot dan memberikan efek rileks setelah lelah seharian beraktivitas

 


4. Gunakan bantal dan cari posisi tidur yang paling nyaman

Carilah posisi tidur yang paling nyaman menurut bunda, Karena hanya bunda yang paham sebaiknya bagaimana posisi tidur yang dapat membuat bunda tidur nyenyak dan tidak mengganggu pernafasan. Jika diperlukan, gunakanalah bantal sebagai penyangga punggung dan guling agar terasa lebih nyaman.

 

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

zubaidah_yaniarti326

dulu kalau mau tidur kipas angin harus nyala. padahal gabaik y buat ibu hamil

muslikhatun

terimakasih banyak atas informasinya sangat membantu

ani

Yups cari posisi yg paling nyaman

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved