Kehamilan

Tampil Cantik Mempesona dengan 5 Tips Perawatan Ibu Hamil

Perubahan fisik biasanya akan terjadi pada masa kehamilan. Selain berat badan yang mengalami kenaikan, efek lain yang timbul dari kehamilan yakni kulit yang tampak bermasalah. Kondisi tersebut terjadi karena ada banyak sekali perubahan secara hormonal yang memicu perubahan-perubahan fisik. Bagi yang terbiasa menjaga penampilan tubuh, perubahan pada penampilan ini bisa mengganggu kepercayaan diri.

Beberapa perubahan fisik yang lazim dirasakan para ibu hamil biasanya berpusat pada perubahan warna kulit, munculnya jerawat, rasa gatal di kulit, bruntusan, flek, kulit kering, hingga munculnya guratan kulit atau stretch mark.

Namun, Anda tidak perlu khawatir atau terlanjur panik. Berikut ini 5 tips perawatan ibu hamil yang aman agar tetap sehat dan tampil cantik memesona.

Beralih ke produk kecantikan organik

Produk kecantikan berbahan alami sangat dianjurkan untuk perawatan ibu hamil. Ini karena produk kecantikan yang biasa digunakan di kulit akan masuk ke tubuh dan kemudian ikut meresap ke aliran darah.

Apalagi bagi ibu hamil, kulit biasanya akan cenderung sensitif dan gampang menimbulkan reaksi pada kulit dibandingkan sebelum masa kehamilan. Hindarilah kosmetik yang berbahan salicylic acid, kortikosteroid, retinoid, benzoyl peroxide, dan sebagainya.

Jangan sampai salah memilih produk kecantikan yang malah membahayakan kesehatan dan janin. Dengan kosmetik berbahan organik, akan menghindarkan ibu hamil dari efek samping. Jika bingung, jangan sungkan berkonsultasi kepada dokter untuk pilihan produk perawatan ibu hamil.

Pilih kosmetik mineral

Pentingnya mineral bukan cuma saat memilih makanan dan minuman, ibu hamil juga sebaiknya memilih kosmetik yang mengandung mineral. Selain itu, kosmetik mineral mengandung titanium dan seng yang berfungsi sebagai SPF alami yang melindungi kulit dari radiasi berbahaya dari sinar matahari.

Mineral biasanya terkandung dalam produk anti stretch mark. Mineral oil memang tidak cocok digunakan untuk mereka yang kulitnya lebih sering berminyak karena bisa menimbulkan breakout yang disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat.

Namun bagi ibu hamil yang seringkali mengalami kulit kering, mineral oil sangat berkhasiat menjaga kelembaban kulit. Agar hasilnya lebih efektif, cermatlah dalam memilih dengan melihat komposisi produk kecantikan yang akan digunakan.

Rambut lebih sehat dengan minyak argan

Minyak argan merupakan minyak yang berasal dari pohon Argania spinosa yang berasal dari Maroko. Kandungan minyak argan berupa senyawa fenolik dan asam lemak omega ini hampir sama dengan minyak zaitun.

Untuk perawatan ibu hamil, minyak argan cocok digunakan untuk melembabkan kulit. Ini karena minyak argan juga memiliki kandungan vitamin E yang berguna sebagai antioksidan, sehingga bisa menjaga kelembaban kulit dan menjaga kulit dari radikal bebas.

Bagi ibu hamil dengan kulit yang sensitif, minyak ini membuat kulit tetap tampak cerah tanpa efek samping seperti iritasi. Kandungan kaya manfaat inilah yang membuat argan oil banyak digunakan sebagai bahan baku produk anti penuaan dini dan perawatan kulit yang sensitif.

Hindari prosedur facial yang berbahaya

Facial bisa dilakukan dengan aman selama masa kehamilan, asalkan menggunakan prosedur yang tepat. Pastikan pula tidak menggunakan produk berbahaya karena kulit akan menyerap kosmetik yang menempel dan bisa membahayakan kesehatan janin.

Prosedur facial yang cukup aman bagi ibu hamil antara lain hydrating facial, deep-cleansing facial, dan oxygen facial. Saat hamil, tidak disarankan menggunakan perawatan keras seperti mikrodermabrasi dan prosedur lain yang bisa mengakibatkan iritasi kulit.

Penggunaan batu panas untuk facial ibu hamil juga tidak direkomendasikan karena bisa meningkatkan suhu tubuh secara tiba-tiba. Prosedur lain yang perlu dihindari saat masa kehamilan antara lain pijat panjang, chemical peels, pengencangan pori, dan terapi cahaya.

Fokus juga ke kulit area tubuh lainnya

Selama masa kehamilan, lakukan perawatan dengan cermat agar tidak berefek samping pada janin. Sebaiknya, Anda juga fokus pada kulit dan area tubuh lain. Ada sejumlah jenis masalah kulit yang seringkali dialami selama masa kehamilan. Stretch mark adalah permasalahan kulit yang paling sering muncul. Kemudian, ada pula jerawat yang timbul karena kadar minyak di wajah yang naik selama mengandung sang buah hati.

Pilihlah produk minyak untuk membantu merawat elastisitas kulit agar mencegah munculnya stretch mark selama hamil, sekaligus berfungsi untuk melembutkan dan melembabkan kulit. Produk yang disarankan dalam perawatan ibu hamil salah satunya Konicare Natural Stretch Marks Oil yang mengandung bahan alami argan oil, minyak zaitun, dan citrus paradisi yang menghadirkan keharuman alami serta membantu Anda tetap rileks.

Oleskan Konicare Natural Stretch Marks Oil dengan pijatan lembut pada bagian tubuh yang kering dan meregang, seperti pada perut, paha dan payudara. Anda bisa mengoleskannya setiap sehabis mandi, atau sebelum tidur.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

umma_Yahya

terimakasih

Widya

terima kasih infonya konicare

Ezio2018

terima kasih

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved