Kehamilan

5 Cara Mengatasi Pusing Saat Hamil

Pusing di saat masa kehamilan merupakan hal yang wajar. Biasanya, ini terjadi ketika Bunda memasuki trimester pertama hingga ketiga. Meski dianggap wajar, rasa pusing juga dapat mengganggu aktivitas ibu hamil. Oleh karena itulah, untuk mengatasi pusing saat hamil ada beberapa hal dan cara yang perlu Bunda perhatikan. Berikut beberapa di antaranya.

Banyak minum air putih

Sebagai langkah awal mengatasi pusing saat hamil dengan mudah adalah memperbanyak konsumsi air putih. Bisa jadi, rasa pusing saat hamil diakibatkan kekurangan cairan, sehingga membuat kepala pusing. Dengan minum air putih maka cairan dalam tubuh akan tercukupi dan menghindari dehidrasi yang membuat tubuh menjadi lemas dan pusing.

Namun, sebaiknya pula ibu hamil jangan terlalu banyak mengkonsumsi teh maupun minuman yang mengandung kafein. Sebab, kedua jenis minuman ini akan membuat seseorang sering buang air kecil dan bisa membuat cairan tubuh menjadi berkurang secara perlahan.

Penuhi asupan nutrisi dengan teratur

Berikutnya yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan ibu hamil adalah memperhatikan nutrisi yang diperlukan tubuh. Salah satunya adalah kebutuhan zat besi yang bisa diperoleh dari daging, kacang-kacangan maupun sayuran tertentu. Bunda bisa mengkonsumsi makanan ini secara teratur dan usahakan jangan sampai terlambat.

Sebab, salah satu penyebab pusing saat hamil adalah terlambat makan. Ada baiknya Bunda menerapkan pola makan dengan porsi yang sedikit namun sering. Diyakini, cara seperti ini mampu mengatasi pusing saat hamil. Sebaiknya juga Bunda menghindari makanan yang terlalu manis.

Jangan terlalu lama berbaring

Berbaring akan membuat ibu hamil terasa nyaman dan terkadang sampai lupa waktu sehingga Bunda berbaring dalam jangka waktu yang lama. Akan tetapi, perlu diingat berbaring dalam waktu yang lama akan membuat pembuluh darah menjadi tertekan. Akibatnya, kepala pun menjadi sangat sakit dan pusing.

Selain membuat kepala menjadi sakit, bagi ibu hamil terlalu lama berbaring juga dapat membuat pasukan oksigen ke janin menjadi berkurang. Penting pula untuk dilakukan, janganlah langsung berdiri ketika terlalu lama berbaring. Sebaiknya, Bunda duduk sebentar agar sirkulasi darah kembali normal dan dapat mengatasi pusing saat hamil.

Jaga waktu tidur

Bagi seorang ibu hamil, menjaga pola tidur sangatlah penting. Kualitas tidur yang baik dan tepat dapat menjaga ibu hamil maupun kesehatan janin dalam kandungan. Selain itu, menjaga pola tidur yang teratur juga mampu mengurangi rasa sakit kepala dan mengatasi pusing saat hamil. Meskipun, rasa pusing selalu dirasakan kapan saja.

Di samping itu, ibu hamil terkadang memiliki masalah waktu tidur. Namun, tak ada salahnya bagi Bunda untuk mengatur waktu tidur dengan baik ketika awal kehamilan. Pastikan pula posisi tidur benar dan tempat tidur dalam kondisi nyaman untuk menjaga kualitas tidur saat hamil.

Lakukan pemijatan dan gunakan minyak kayu putih

Mengatasi pusing saat hamil bisa juga dilakukan dengan pemijatan. Lakukan pemijatan dengan menggunakan minyak kayu putih. Sesekali, Bunda juga bisa menggunakan Konicare Minyak Kayu Putih pada bagian pundak dan area leher. Konicare Minyak kayu Putih dapat memberikan aroma yang lembut alami dan menenangkan, Bunda.

Dengan begitu, tidak hanya membantu meredakan sakit kepala, Konicare Minyak Kayu Putih juga bisa membantu memberikan efek rileks. Varian Konicare Minyak Kayu Putih dengan kandungan Lavender Oil dan Geranium Oil bahkan bisa memberikan sensasi aromaterapi. Coba hirup sesekali saat kepala Bunda mulai terasa pusing, ya.

 

Itulah beberapa mengatasi pusing saat hamil yang bisa Bunda lakukan. Tetap selalu jaga kesehatan ya, agar masa kehamilan hingga proses persalinan lancar.

 

Photo Credit: Freepik

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

michael

terima kasih info ny

nataliasianipar

yess betul sekali

desiana

ok

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved