Kehamilan

Hal-hal Yang Harus Dilakukan Supaya Tidak Stres Saat Hamil

Stres yang dialami ibu hamil tidak hanya berdampak kurang baik bagi dirinya , tapi juga janin yang sedang dikandungnya. Banyak hal yang bisa menjadi pemicu Bunda yang sedang hamil merasa tidak nyaman, baik secara fisik maupun pikiran yang bisa menyebabkan stres. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan supaya tidak stres saat hamil. Tips berguna ini diberikan oleh seorang spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Moolchand Women Hospital bernama Dr. Manju Hotchandani.

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Supaya Tidak Stres Saat Hamil

  1. Carilah akar masalahnya Bunda disarankan untuk melakukan hal-hal yang ringan, beristirahat terlebih dahulu dan tinggalkan semua aktivitas. Cobalah untuk mencari tahu penyebabkan stres yang dialami Bunda. Rasa stres adalah bentuk dari kecemasan dan kekhawatiran yang dirasakan. Dengarkan sinyal yang keluar dari tubuh Bunda jika mood berubah, maka beristirahatlah yang cukup.
  2. Tidurlah yang cukup Bunda disarankan untuk tidur minimal 8 jam setiap malamnya karena selama menjalani masa kehamilan tubuh membutuhkan istirahat yang cukup agar bisa meringankan stres fisik dan memberi waktu kepada pikiran untuk beristirahat sejenak. Saat wanita sedang hamil, tubuhnya akan bekerja lebih keras karena ia harus menanggung beban dua orang oleh karena itu istirahat yang cukup sangat dibutuhkan.
  3.  Mengonsumsi makanan sehat Bunda yang sedang hamil disarankan untuk tidak sekalipun melewatkan waktu sarapan dan makan secara teratur. Diet yang sehat dan seimbang seperti banyak mengonsumsi buah dan sayuran juga sangat disarankan. Orang yang mengalami stres biasanya akan mencoba mengurangi rasa stresnya dengan mengonsumsi makanan kecil (camilan) dan biasanya akan lebih memilih camilan yang kurang sehat. Makan dengan teratur dapat mengurangi keinginan Bunda untuk mengonsumsi camilan yang tidak sehat.
  4.  Olahraga (tubuh dan pikiran) Salah satu cara untuk meringankan perasaan stres adalah berolahraga. Dengan berolahraga, sirkulasi darah dalam tubuh Bunda akan lancar, saat itulah hormon kortisol (hormon yang menyebabkan stres) bisa dikeluarkan dari tubuh. Agar pikiran Bunda juga tenang, Bunda bisa mendengarkan musik lembut atau menikmati film yang ceritanya menenangkan.
  5. Relaksasi Untuk mengatasi rasa stres, Bunda bisa mencoba beberapa teknik relaksasi yang bisa membantu Bunda untuk tidur lebih nyaman. Teknik relaksasi juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit perut dan sakit kepala selama masa kehamilan.
  6. Mempelajari pengalaman orang lain Ketika menjalani masa kehamilan, pasti banyak pertanyaan yang muncul di benak Bunda. Perasaan khawatir khususnya saat mendekati masa persalinan adalah salah satu penyebab ibu hamil mengalami stres. Satu cara yang bisa Bunda lakukan adalah dengan belajar dari mereka yang pernah mengalami masa kehamilan. Berbincanglah dengan orangtua atau teman yang sudah pernah mengalami rasanya hamil dan melahirkan. Dengan mendengarkan pengalaman mereka maka Bunda akan merasa lebih tenang dan perasaan stres bisa diatasi.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

zubaidah_yaniarti326

iya bener. mksh infonya min

muslikhatun

terimakasih banyak atas informasinya sangat membantu

ani

Jgn banyak pikiran dan harus enjoy

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved