Kehamilan

Hindari Makanan Ini Ketika Memasuki Masa Kehamilan

Banyak hal yang harus Bunda perhatikan dalam menyambut masa kehamilan, termasuk soal makanan. Meskipun Bunda mungkin saja ingin memakan jenis makanan tertentu ketika hamil, namun ada beberapa jenis makanan yang harus Bunda hindari demi kelancaran kehamilan Bunda. Berikut 4 makanan yang harus Bunda hindari ketika mengandung buah hati.

Seafood mentah

Buat Bunda yang senang menikmati aneka ragam makanan seafood mentah, Bunda disarankan untuk tidak mengonsumsi jenis makanan ini selama masa kehamilan. Seafood mentah tidak boleh dikonsumsi saat hamil karena berpotensi mengandung cacing parasit yang dapat membahayakan kandungan Bunda. Jika tetap ingin makan seafood, Bunda bisa mengonsumsi jenis ikan rendah merkuri seperti salmon, udang dan ikan nila yang dimasak hingga matang sempurna. Sebaiknya jenis makanan laut ini juga tidak boleh sering Bunda konsumsi, maksimal seminggu dua kali.

Ikan dengan kandungan merkuri tinggi

Bukan hanya seafood mentah yang harus Bunda hindari, ikan dengan kandungan merkuri tinggi juga harus menjadi jenis makanan yang tidak boleh Bunda konsumsi. Ikan dengan kandungan merkuri tinggi dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan otak bayi. Beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi adalah kerang, hiu, makarel, hingga kakap putih, yang memang jarang ditemui di Indonesia namun tetap harus Bunda ketahui agar Bunda selalu berhati-hati. Seafood lain yang juga mengandung merkuri namun dengan kadar rendah adalah udang, tuna, sarden, catfish, hingga ikan tilapia. Ikan dengan kandungan merkuri rendah ini tetap bisa Bunda konsumsi, namun maksimal seminggu dua kali.

Telur setengah matang

Bunda juga harus menghindari konsumsi telur setengah matang, apalagi mentah. Jenis makanan ini harus dihindari karena Bunda bisa berpotensi keracunan bakteri salmonella. Jika masuk ke dalam tubuh, bakteri ini dapat membahayakan janin Bunda dan membuat Bunda mengalami diare hingga muntah-muntah. Sebaiknya Bunda hindari semua jenis makanan yang mengandung telur setengah matang dan mentah, seperti mayonnaise agar kondisi janin terjamin.

Sayur dan buah mentah

Bakteri jahat bisa menempel pada sayur dan buah-buahan mentah dan bisa berdampak buruk bagi janin apabila Bunda mengonsumsinya. Untuk itu, sebaiknya Bunda menghindari konsumsi sayuran mentah seperti kecambah atau lobak selama kehamilan demi memastikan kondisi janin tak mengalami gangguan. Cucilah sayur dengan bersih dan masak hingga matang sebelum dikonsumsi. Begitu pula dengan buah-buahan, meskipun terlihat tak membahayakan, buah yang tidak dicuci bersih mengandung bakteri Ekoli yang dapat membahayakan jabang bayi.

Itulah 4 jenis makanan yang harus Bunda hindari di masa kehamilan. Tentu kesehatan janin Bunda diatas segalanya, kan? Catat dan semoga informasi ini bermanfaat ya Bunda!

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

wardafaridiyah

trimakasih infonya..

utep_iskandar

sangat informatif

intansulistina1

nice info thanks min

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved