Kehamilan

Saat Hamil Apakah Wajah dan Rambut Berubah?

Selama masa kehamilan, perubahan hormonal akan membawa kita kepada beberapa perubahan yang mungkin agak sedikit membingungkan. Misalnya rambut menjadi kusam dan lebih kering, kondisi ini sangat wajar, karena memang salah satu zat pembentuk rambut (zat besi), sedang digunakan oleh tubuh untuk membentuk sel darah merah  dan pembentukan janin.

Selain itu, timbul juga masalah wajah yang berjerawat, flek hitam, kulit kusam dan lainnya. Lagi-lagi, ini kondisi yang wajar. Hal tersebut karena kadar hormon estrogen, hormon progesteron serta melanocyte-stimulating hormone (MSH) biasanya akan langsung meningkat selama masa kehamilan. Hal inilah yang akan menstimulasi berbagai perubahan, dari mulai peningkatan melanin atau hiperpigmentasi dan kondisi lainnya.

Jerawat yang timbul di wajah disebabkan karena adanya peningkatan produksi sebum, hal ini menyebabkan pori-pori wajah anda tertutup sehingga kotoran akan menumpuk dan akhirnya menimbulkan jerawat.

Lantas, bagaimanakan solusi untuk mengatasi semua perubahan tersebut?

Untuk mengatasi rambut yang kering dan kusam karena kekurangan zat besi, anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi daging merah, brokoli, bayam dan makanan lainnya yang banyak mengandung zat besi tinggi. Sedangkan untuk anda yang bermasalah dengan kulit, anda bisa meningkatkan konsumsi air putih, mengonsumsi banyak sayuran segar dan makanan sehat lainnya.

Penggunaan obat jerawat dan obat yang bersifat oral lainnya sangat tidak disarankan, kecuali atas saran dan petunjuk dokter.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Danu_haryanto

????????

imroatul_mufidah

hooh lah ini

rinramawija

hal yang biasa terjadi nikmati aja prosesnya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved