Kehamilan

Kapan Jenis Kelamin Janin Dapat Diketahui?

Terkadang, Bunda tak sabar untuk mencari nama untuk si Kecil atau membelikannya barang-barang lucu. Namun, Bunda yang belum tahu jenis kelamin si Kecil tidak bisa leluasa melakukannya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin si kecil. Jadi, kapan jenis kelamin bayi bisa diketahui? Berikut adalah informasinya :

USG Saat Kehamilan Mencapai Usia Ini

Cara ini jelas menjadi cara yang paling umum digunakan oleh Bunda untuk mengetahui jenis kelamin si kecil. Namun, jenis kelamin ini hanya bisa terlihat ketika usia kehamilan sudah mencapai 4.5 atau 5 bulan. Jadi, sebelum itu Bunda tak akan bisa melihat jenis kelaminnya seberapa sering pun USG-nya.

Bentuk Perut

Siapa sangka bentuk perut Bunda saat hamil bisa menunjukkan jenis kelamin bayi? Meski kadang meleset, namun menurut BBC.com, ketika bentuk perut Bunda melebar ke samping daripada ke depan memang benar lebih banyak bayi laki-laki yang keluar daripada perempuan. Begitu pula sebaliknya, ketika bentuk perut Bunda menonjol ke depan saat hamil daripada melebar ke samping, memang betul lebih banyak bayi perempuan yang keluar daripada bayi laki-laki.

Dari Makanan Favorit

Terkadang ibu hamil kerap menginginkan makanan-makanan yang biasanya tak diinginkan. Seperti makanan manis atau asin. Ternyata, jenis makanan ini dapat membantu Bunda untuk memprediksi jenis kelamin bayi. Bila Bunda lebih sering menginginkan makanan manis, biasanya yang lahir adalah perempuan. Namun bila bunda lebih sering ngidam makanan asin atau asam, biasanya bayi yang lahir adalah laki-laki.

Morning Sickness

Ternyata, morning sickness juga bisa menjadi salah satu memprediksi jenis kelamin bayi. Biasanya, Bunda yang mengalami morning sickness berlebihan melahirkan bayi perempuan, sedangkan yang tidak atau sedikit mengalami morning sickness, biasanya melahirkan bayi laki-laki.

 

Masalah Kulit Saat Hamil

Ketika Bunda kerap mengalami masalah kulit yang sebelumnya tak pernah ada seperti jerawat dan kulit kemerahan selama hamil, biasanya hal ini mengindikasikan bahwa Bunda akan melahirkan bayi perempuan. Ketika kulit wajah biasa saja saat hamil artinya Bunda mungkin akan mendapatkan bayi laki-laki.

Metode CVS Bisa Dilakukan, Namun Hanya untuk Bunda dengan Kehamilan Kurang Sehat

Bila kondisi kehamilan Bunda dinilai tidak sehat, Bunda dapat melakukan metode CVS yang digunakan untuk mengetahui kelainan kromosom pada si kecil. Hal ini juga bisa dilakukan untuk mendeteksi jenis kelaminnya, karena kromosom laki-laki dan perempuan berbeda. Namun cara melihat jenis kelamin bayi dengan cara seperti ini hanya disarankan untuk Bunda yang sudah disarankan oleh dokter untuk melakukannya saja, ya!

Meski beberapa dari metode di atas cenderung akurat, namun bukan berarti ada kesalahan yang terjadi nantinya. Meski jarang, ada beberapa bayi yang jenis kelaminnya berbeda dari hasil USG. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang umum, karena itu memang ada baiknya untuk membelikan barang-barang yang netral untuk si kecil selama ia belum benar-benar lahir agar tidak sia-sia nantinya.

 

Photo credit: Pixabay.com

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

geby_ariesa

nice

utep_iskandar

sangat informatif

intansulistina1

nice article

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved