Kehamilan

Manfaat Buah Kurma untuk Ibu Hamil

Ketika hamil, Bunda disarankan untuk mengonsumsi makanan tak hanya dalam jumlah yang lebih banyak, tapi juga bergizi karena makanan yang Bunda makan juga akan berimbas pada kondisi janin. Salah satu buah yang kaya nutrisi dan disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah kurma. Buah yang banyak dikonsumsi pada bulan Ramadan ini menyimpan sejuta manfaat untuk ibu hamil. Berikut beberapa di antaranya.

Mengurangi Risiko Anemia

Saat awal kehamilan, mungkin beberapa ibu hamil akan mengalami gejala anemia atau kekurangan darah. Hal ini wajar karena tubuh memerlukan pasokan darah yang lebih banyak untuk mengalirkan nutrisi ke janin. Jika tubuh kekurangan darah, maka penyaluran oksigen dan sari makanan ke janin juga akan terhambat. Oleh sebab itu, Bunda perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi untuk menambah darah seperti buah kurma.

Mengatasi Rasa Letih Akibat Morning Sickness

Ketika memasuki masa awal kehamilan, kondisi hormon yang tidak stabil bisa menyebabkan Bunda merasa mual. Pada umumnya, gejala ini muncul di pagi hari saat bangun tidur. Gejala ini disebut morning sickness dan akan membuat tubuh terasa letih karena kekurangan energi. Kurma mengandung gula yang dapat dicerna untuk dibakar menjadi energi. Dengan manfaat buah kurma yang satu ini, Bunda bisa menyegarkan kembali tubuh yang kelelahan karena morning sickness.

Sumber Kalsium

Selain zat besi, kurma juga mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin selama masa kehamilan. Sebetulnya tak hanya untuk janin, kandungan kalsium pada buah kurma juga bermanfaat untuk Bunda sendiri. Ketika hamil, Bunda memerlukan asupan kalsium yang lebih banyak agar tulang-tulang tubuh bisa menopang berat badan yang semakin bertambah. Nah, buah kurma yang mengandung kalsium bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pemenuhan kebutuhan kalsium.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah kurma yang lainnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini berkat kandungan tanin di dalamnya. Selama masa kehamilan, Bunda harus menjaga tubuh agar tetap sehat karena jika Bunda sakit, maka hal ini juga akan mempengaruhi kondisi janin. Tanin ini juga berperan sebagai zat anti infeksi dalam tubuh sehingga bisa membantu menangkal serangan kuman dan bakteri.

Mengurangi Sembelit

Seperti buah-buahan lain pada umumnya, kurma juga mengandung serat sehingga manfaat buah kurma juga bisa untuk mengatasi masalah susah buang air besar. Sembelit pada ibu hamil bisa berpengaruh pada kondisi bayi yang ada di dalam janin. Pada saat mengejan, maka otot perut mengalami kontraksi sehingga untuk menghindari hal ini, konsumsilah buah kurma yang banyak mengandung serat.

Meskipun buah yang satu ini identik dengan momen Ramadan, Bunda tetap bisa membelinya di swalayan terdekat. Tak hanya untuk ibu hamil, kurma juga baik dikonsumsi oleh Bunda menyusui karena mengandung oksitosin yang berfungsi untuk melancarkan ASI. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, konsumsi buah kurma sekarang juga.  

 

Photo credit: sweyang (pixabay.com)

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved