Kehamilan

4 Makanan yang Bisa Mengatasi Mual Saat Hamil

Hampir semua ibu hamil pasti mengalami morning sickness, mulai dari mual, pusing, hingga muntah saat pagi hari. Gejala tersebut akan muncul karena hampir semua hormon di dalam tubuh Bunda akan beradaptasi dengan janin yang ada di dalam kandungan. Banyak Bunda yang penasaran, sebenarnya apakah morning sickness khususnya mual ini bisa dihindari atau bahkan dihilangkan.

Di dalam artikel kali ini akan dibahas makanan yang ternyata bisa mengatasi mual saat Bunda hamil. Jadi, setelah membaca artikel ini, Bunda bisa mulai mengonsumsi makanan-makanan tersebut untuk mengatasi mual saat hamil. Simak di sini, ya!

Wortel

Makanan pertama yang bisa mencegah mual saat hamil adalah wortel. Saat hamil, Bunda sangat mudah untuk terserang penyakit, terutama infeksi di tenggorokan dan juga perut. Hasilnya adalah Bunda lebih sering mual dan bahkan mutah di pagi hari. Untuk mengurangi rasa mual tersebut, Bunda bisa mengonsumsi wortel yang ternyata berfungsi sebagai detoksifikasi alami untuk mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, kandungan mineral pada wortel juga bisa menyeimbangkan keadaan hormon ibu hamil.

Resep wortel yang cocok untuk mengurangi mual adalah dengan membuat jus wortel. Tetapi bedanya adalah Bunda harus merebus empat buah wortel dengan air panas selama kurang lebih lima belas menit. Setelah itu, tunggu sampai wortel lembut dan aduk hingga halus. Tambahkan perasan jeruk nipis atau madu untuk mempermanis rasa.

Kentang

Pada saat hamil, Bunda akan memerlukan segala nutrisi dalam jumlah dua kali lipat. Salah satu nutrisi yang harus dicukupi adalah karbohidrat, tetapi jika Bunda terlalu banyak mengonsumsi nasi, maka bisa menyebabkan mual karena di dalam nasi terdapat kandungan gula cukup tinggi. Sebagai mengganti nasi, Bunda bisa mengonsumsi kentang yang mempunyai kandungan karbohidrat tinggi tetapi sangat rendah gula. Jadi, mulai sekarang Bunda bisa mengganti makan nasi dengan kentang, ya.

Bayam

Nah, sekarang setelah Bunda sudah mengetahui bahwa wortel dan kentang adalah makanan yang sangat baik untuk mencegah mual, saatnya Bunda mencari makanan pendamping. Saat Bunda memasak atau merebus kentang, Bunda bisa menambahkan bayam sebagai sayuran pendamping. Kandungan zat besi di dalam bayam akan membuat rasa mual perlahan hilang. Walaupun begitu, batasi konsumsi bayam ini maksimal dua kali seminggu saja ya, Bunda, karena terlalu banyak mengonsumsi bayam juga berbahaya bagi tubuh.

Almond

Makanan terakhir yang bisa Bunda coba untuk mengatasi mual saat hamil adalah kacang almond. Kandungan protein dan juga vitamin E bisa meningkatkan stamina di dalam tubuh sehingga di saat pagi hari, Bunda bisa lebih segar dibandingkan sebelumnya. Konsumsilah kacang almond di pagi hari setelah sarapan sebagai makanan pendamping saat sarapan. Kacang almond juga cocok dikonsumsi pasa sore hari saat Bunda bersantai.

 

Sekarang Bunda sudah mengetahui bagaimana caranya agar tidak mual saat hamil, khususnya di pagi hari. Semoga bahan makanan di atas bisa membantu!

 

Photo Credit: Pxher

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved