Kehamilan

5 Hal yang Harus Bunda Persiapkan Saat Mendekati Masa Persalinan

Setelah 9 bulan lamanya mengandung sang buah hati, Bunda akan dihadapkan pada masa persalinan yang membutuhkan berbagai persiapan. Persiapan yang matang akan membuat Bunda lebih nyaman dan tenang dalam masa-masa menuju persalinan. Berikut 5 hal yang perlu Bunda siapkan mendekati masa persalinan.

Rumah sakit dan dokter

Jika Bunda berencana untuk melakukan persalinan di rumah sakit, maka mencari informasi mengenai rumah sakit yang akan Bunda datangi dan dokter kandungan yang tepat untuk persalinan menjadi hal yang sangat krusial. Kumpulkanlah berbagai informasi mengenai dokter kandungan di rumah sakit mana yang kira-kira paling pas untuk membantu proses persalinan Bunda. Banyaklah bertanya pada petugas atau dokter di rumah sakit yang mungkin akan Bunda pilih untuk melihat kelengkapan fasilitas yang Bunda butuhkan. Jadikan juga jarak antara kediaman Bunda dan rumah sakit sebagai bahan pertimbangan dan jika sudah yakin, segera daftarkan persalinan Bunda ya.

Kelas persiapan melahirkan

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi serta membantu Bunda mempersiapkan diri menjelang proses persalinan, sebaiknya Bunda dan Ayah mengikuti kelas persiapan melahirkan. Melalui kelas ini, Bunda bisa belajar dan melatih teknik pernapasan persalinan normal, mempelajari teknik mengurangi rasa sakit saat bersalin dan berbagai informasi penting lainnya. Bunda juga bisa berdiskusi dan mendapatkan berbagai opini menarik dan mungkin bermanfaat dari para Bunda yang juga menunggu waktu persalinan datang.

Teman saat bersalin

Ini merupakan keputusan yang sangat personal dan bisa Bunda persiapkan sesuai keinginan Bunda. Sebagian Bunda ingin ditemani oleh banyak anggota keluarga ataupun kerabat menjelang masa persalinan, namun ada juga Bunda yang hanya ingin ditemani oleh pasangan. Sebaiknya, Bunda mulai memutuskan siapa yang akan menemani Bunda di rumah sakit jelang persalinan, khususnya apabila Bunda memang tak ingin terlalu banyak orang yang datang saat proses persalinan berlangsung. Hal ini juga penting karena Bunda mungkin tidak ingin kehilangan waktu beristirahat setelah melahirkan akibat tamu-tamu yang terus berdatangan.

Barang bawaan

Saat tiba di rumah sakit menjelang proses persalinan, Bunda harus sudah menyiapkan berbagai barang bawaan terlebih dahulu. Hal ini dapat membuat Bunda merasa lebih nyaman karena sudah menyiapkan barang yang dibutuhkan. Beberapa barang tersebut diantaranya adalah pakaian yang nyaman untuk persalinan, jepit atau ikat rambut agar rambut Bunda tidak mengganggu proses bersalin, bacaan seperti buku atau majalah yang dapat menenangkan Bunda jelang persalinan, perlengkapan mandi yang meskipun tersedia di rumah sakit sebaiknya Bunda persiapkan sendiri, serta pakaian dalam karena Bunda akan berada di rumah sakit untuk beberapa hari.

Barang yang dibutuhkan setelah persalinan

Tak hanya barang menjelang persalinan yang harus Bunda persiapkan, namun juga setelahnya. Bunda sebaiknya mempersiapkan bra khusus menyusui yang berguna untuk memudahkan Bunda ketika ingin menyusui si Kecil, pembalut khusus yang bisa menampung banyak darah karena Bunda nantinya perlu mengganti pembalut setidaknya 1-2 jam sekali agar tetap bersih dan nyaman, hingga pompa ASI sebagai persiapan jikalau pada hari kedua setelah persalinan ASI Bunda masih belum bisa keluar.

Itulah 5 hal yang wajib Bunda siapkan menjelang masa persalinan. Persiapan memang harus dilakukan dengan matang ya, agar persalinan Bunda berjalan aman dan nyaman. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

utep_iskandar

informasi yg bermanfaat

intansulistina1

iya persiapannya harus matang

entinkartini0103

mksh informasinya min

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved