Kehamilan

Pelupa Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Banyak Ibu hamil yang mengaku merasa menjadi lebih mudah emosi dan pelupa pada saat mereka sedang hamil. Menurut para peneliti, fenomena semacam ini biasa disebut dengan baby brain. Walaupun begitu, bisa saja Ibu hamil akan menganggap ini merupakan hal yang wajar dan merupakan paket dari kehamilan, tapi sebuah penelitian telah menemukan alasan ilmiah dibalik semua fenomena aneh ini.

Menurut para psikolog, Ibu hamil akan mengalami perubahan yang terjadi pada aktivitas otak mereka. Hal ini ditujukan untuk membantu Ibu hamil membentuk ikatan emosional antara dirinya dengan bayi yang ada dalam kandungan. Ketika hamil, anda akan mengalami peningkatan aktivitas yang terjadi pada bagian otak yang akan berkaitan langsung dengan kemampuan emosional anda.

Penelitian tersebut menjelaskan kalau hormon yang aktif ketika wanita sedang hamil akan membantu wanita untuk memahami kebutuhan bayi sejak masih dalam kandungan. Kesimpulan penelitian ini didapatkan oleh tim peneliti Royal Holloway dari University of London yang dipimpin langsung oleh Dr Victoria Bourne, sebagai pakar psikolog.

Selain faktor diatas, dikutip dari laman dailymail.co.uk, dalam penelitian tersebut, didapatkan beberapa kesimpulan  yang menjadi alasan kenapa Ibu hamil menjadi pelupa ketika hamil.

Faktor psikologi

Adanya perasaan yang bercampur aduk antara bahagia dan cemas selama masa kehamilan akan menyebabkan Ibu hamil kehilangan fokus. Secara naluriah ini merupakan kondisi yang wajar, tapi yang patut diperhatikan adalah, jangan sampai perasaan ini berubah menjadi stress dan menimbulkan masalah lainnya yang lebih berat.

Faktor hormonal

Meningkatnya jumlah hormon progesteron dan hormon estrogen, ternyata membawa dampak buruk bagi sel-sel saraf yang terdapat pada bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur daya ingat dan fungsi kognitif. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan Ibu hamil menjadi lebih pelupa. Perubahan hormonal ini akan memicu Mood swing yang akan membuat anda mudah tersinggung.

Kekurangan zat besi

Kebutuhan zat besi selama masa kehamilan akan meningkat drastis, hal inilah yang memicu banyak Ibu hamil menderita anemia. Kekurangan zat besi inilah yang dapat menyebabkan anemia, yang secara otomatis akan mengakibatkan oksigen yang dibawa oleh darah ke otak tidak maksimal. Akibatnya, kinerja otak akan terganggu dan menyebabkan anda menjadi pelupa.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

RestuNusra

terimakasih bunda infonya sangat bermanfaat ^^

Danu_haryanto

????????

imroatul_mufidah

oh gitu

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved