Kehamilan

Tips Sehat Menjaga Kehamilan yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Ibu yang sedang mengandung perlu senantiasa menjaga kondisi janin agar tetap sehat. Apabila tidak hati-hati selama masa kehamilan, resiko komplikasi saat kehamilan maupun persalinan bisa saja terjadi. Menjaga kehamilan sejak dini juga penting dilakukan guna memastikan perkembangan dan pembentukan organ janin di dalam kandungan berjalan optimal.

Banyak faktor yang menjadi penyebab meningkatnya risiko kehamilan seperti keguguran, mulai dari kondisi psikis sang ibu hingga kelelahan. Tak perlu cemas meski lebih banyak berdiam di rumah saja, lakukanlah beberapa tips berikut agar kehamilannya tetap terjaga.

Istirahatkan mental, aktifkan kondisi fisik

Selama mengandung, ada beberapa perubahan fisik dan hormonal yang sangat berpengaruh pada kondisi psikologis perempuan. Kondisi mood yang cepat berubah ini alamiah dan tak bisa dihindari, sehingga ibu hamil perlu beradaptasi dengan kondisi tersebut. Tak hanya menjaga kondisi fisik saja, ibu hamil juga harus menjaga kesehatan mental dan emosional karena keduanya sangat mempengaruhi kondisi janin dalam rahim.

Saat sang ibu tengah bahagia, tubuh akan meresponnya dengan mengeluarkan enzim yang baik untuk sang bayi. Sebaliknya, saat sang ibu merasa frustasi dan stress, bayi dalam kandungan akan ikut terpengaruh.

Selama periode menjaga kehamilan, sediakan pula Konicare Minyak Telon Extra Lemongrass yang bisa digunakan setiap saat. Minyak telon ini mengandung bahan alami, efektif untuk meredakan rasa mual dan menghangatkan tubuh. Harum alaminya akan menciptakan perasaan yang rileks selama masa Anda mengandung.

Konsumsi banyak sayur dan buah

Dengan mengonsumsi sayur dan buah dengan porsi kecukupan yang ideal, maka Anda sudah turut menjaga bayi di rahim agar tetap sehat. Asupan nutrisi berupa vitamin dan mineral sangat diperlukan selama masa pertumbuhan janin.

Kandungan penting lainnya yang dibutuhkan ibu dan bayi dalam buah dan sayur yakni asam folat, antioksidan, karoten, dan serat. Dengan asupan sayur dan buah yang kaya nutrisi, janin pun akan memiliki berat badan yang ideal serta pertumbuhan otak dan ketahanan tubuh yang baik.

Sebaiknya Anda mengkonsumsi sayur dan buah yang masih segar dengan berbagai variasi warna, mulai dari kuning, hijau, merah, dan oranye. Beberapa sayur yang baik untuk menjaga kehamilan antara lain brokoli, bayam, pepaya, jeruk, pisang, dan mangga.

Pakai pakaian yang nyaman dan menyerap keringat

Bagi ibu hamil, Anda akan mengalami perubahan bentuk tubuh secara drastis. Cara berpakaian juga harus menyesuaikan dengan perubahan kondisi fisik ini. Ketahui jenis baju yang tepat digunakan sehari-harinya. Ini karena pakaian yang biasanya dikenakan sebelum hamil akan terasa tidak nyaman saat digunakan begitu perut Anda sudah membesar.

Setelah memasuki usia 20 minggu, perut akan mulai membesar. Selain ukuran lingkar perut yang semakin melebar, tanda lain yang tampak adalah celana yang sudah mulai menyempit dan baju yang terasa sesak. Jika sudah demikian, maka sudah saatnya bagi ibu hamil untuk menyiapkan baju hamil. Pilihlah baju yang longgar yang nyaman dipakai. Pakaian yang tidak ketat akan membuat peredaran darah tetap lancar dan menghindari tumbuhnya jamur pada kulit.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemilihan pakaian untuk menjaga kehamilan yaitu pakaian dipilih sebaiknya menggunakan bahan yang mudah menyerap keringat, contohnya seperti katun.

Baca buku seputar kehamilan dan parenting

Sebelum melahirkan, calon ibu harus mempersiapkan diri dengan belajar seputar kehamilan dan parenting. Kurangnya pengetahuan seringkali membuat hal-hal penting yang sebaiknya dilakukan malah jadi terlewatkan.

Usia kehamilan dihitung dalam minggu dengan waktu 40 minggu sebelum persalinan, kemudian dibagi dalam tiga trimester. Janin biasanya akan berkembang cepat di trisemester pertama setelah sel telur dibuahi sperma.

Pengetahuan seputar kehamilan dan parenting sangat dibutuhkan sang ibu selama masa periode tersebut. Selain membaca-baca informasi dari buku dan internet, ibu hamil juga bisa bergabung dengan kelas atau komunitas parenting untuk mendapatkan informasi yang lengkap seputar menjaga kehamilan.

Tetap jaga penampilan untuk meningkatkan mood

Kehamilan tentu saja membuat perubahan fisik dan hormonal pada tubuh. Bagi mereka yang sudah terbiasa untuk selalu menjaga penampilan, bentuk tubuh saat masa kehamilan seringkali dianggap menjadi masalah yang berat. Jangan sampai perubahan tubuh membuat mood jadi kurang baik.

Ibu hamil tetap bisa menjaga kehamilan dengan tetap terlihat cantik dan segar. Beberapa saran dari dokter untuk menjaga penampilan antara lain banyak minum air putih, mengkonsumsi makanan yang tepat, tidur yang cukup, dan pemilihan baju yang sesuai. Gunakan juga Konicare Natural Stretch Marks Oil untuk membantu melembabkan kulit dan mencegah munculnya stretch mark sejak awal masa kehamilan.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

umma_Yahya

terimakasih

Widya

terima kasih infonya konicare

Maya

terimakasih

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved