Kehamilan

Mengenal Hypnobirthing dan Penggunaan Jasa Doula dalam Persalinan

Melahirkan adalah proses alami yang pasti dialami oleh setiap wanita hamil. Akhir-akhir ini marak teknik persalinan baru yang disebut hypnobirthing. Sepeti namanya, hypnobirthing ini adalah teknik persalinan dengan mengandalkan metode hipnotis. Dengan hipnotis ini, calon ibu yang melahirkan akan dihipnotis sehingga tubuhnya bisa rileks. Rasa rileks dianggap mampu mengurangi rasa sakit ketika melahirkan.

Proses Persalinan Hypnobirthing

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa teknik yang satu ini mengandalkan kekuatan sugesti dari sang ibu hamil, sehingga untuk membuat tubuh rileks, ibu hamil menggunakan musik maupun kata-kata yang positif dan bersifat mampu memengaruhi alam bawah sadarnya. Selain itu, ibu hamil juga harus bisa mengendalikan napasnya ketika proses persalinan berlangsung. Dengan kondisi tubuh yang rileks, ibu hamil tidak akan mengalami rasa sakit yang begitu hebat sehingga bayi bisa keluar dengan mudah.

Teknik ini memang masih terbilang baru di Indonesia dan belum semua orang paham akan hal ini. Oleh sebab itu, sebelum mengikuti prosesi ini, sebaiknya Bunda dan ayah mengikuti kelas khusus untuk ini. Di kelas ini, Bunda akan diajarkan bagaimana cara menghipnotis diri dengan benar dan juga teknik untuk bernapas selama persalinan berlangsung. Selain itu, karena posisi tubuh juga memiliki peran yang penting dalam keberhasilan teknik hypnobirthing ini, maka di kelas tersebut juga akan diajarkan.

Apa Saja Manfaat Teknik Hypnobirthing?

Teknik yang satu ini digemari oleh para ibu-ibu bukan tanpa alasan. Salah satu keuntungan yang ditawarkan dari teknik ini adalah ibu hamil bisa melahirkan dengan nyaman tanpa rasa sakit. Hal ini tentu saja akibat adanya hipnotis diri. Selain itu, hal ini juga bisa membuat ibu hamil terhindar dari rasa ketakutan. Akibatnya, hal ini akan berimbas pada pernapasan sang ibu hamil. Pernapasan yang teratur dan terkontrol akan membantu kelancaran pasokan oksigen ke dalam tubuh, termasuk ke rahim.

Selain itu, dibanding proses persalinan biasa, hypnobirthing memakan waktu yang relatif lebih singkat sehingga Bunda pun bisa segera pulang tanpa harus menunggu berlama-lama di rumah sakit. Bagi Bunda yang tidak begitu suka dengan penggunaan obat selama masa persalinan, terutama obat penghilang rasa nyeri, maka dengan teknik hypnobirthing ini Bunda tidak perlu mengonsumsinya. Banyak sekali manfaat melahirkan dengan teknik hypnobirthing ini, bukan?

Penggunana Jasa Doula dalam Teknik Hypnobirthing

Istilah doula berasal dari bahasa Yunani yang berarti pelayan wanita. Agar teknik persalinan hypnobirthing yang Bunda lakukan berjalan lancar, tak ada salahnya untuk memakai jasa seorang doula. Doula merupakan seorang yang ahli dalam bidang persalinan dan sudah terlatih. Fungsinya adalah untuk membantu ibu hamil merasa nyaman selama proses persalinan dengan memberikan dukungan profesional. Namun, pekerjaan doula terbatas. Tidak seperti dokter, doula tidak mampu memberikan saran medis ataupun melakukan tindakan medis sehingga ia tidak bisa menggantikan fungsi dokter atau bidan. Untuk menjadi seorang doula yang profesional, seseorang harus mendapatkan sertifikat tertentu.

Jika Bunda ingin mencoba teknik yang satu ini, boleh-boleh saja tetapi harus menghadiri kelas khusus sebelumnya. Agar proses persalinan yang dilakukan lancar, tak ada salahnya Bunda menyewa jasa doula untuk memberikan dukungan emosional selama kehamilan.

 

Photo source: maxpixel.freegreatpicture.com

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved