Kehamilan

Beberapa Persiapan Sebelum Melahirkan yang Perlu Diperhatikan agar Semua Berjalan Lancar

Tak hanya saat periode kehamilan, ketika sudah mendekati hari H persalinan pun setiap Bunda di dunia pasti akan sangat senang dan tidak sabar menanti kehadiran bayi ke dunia. Untuk memberikan yang terbaik agar semuanya berjalan dengan lancar, Bunda pun menyiapkan segalanya dengan semaksimal mungkin. Berikut beberapa persiapan sebelum melahirkan yang harus Bunda lakukan.

Menyiapkan Mental

Tak kalah penting dengan persiapan lainnya adalah persiapan mental. Kehadiran Si Kecil ke dunia pastinya akan membuat semuanya berbeda. Yang pasti, Bunda akan semakin sibuk untuk merawatnya siang dan malam. Selain itu, Bunda juga harus siap kalau waktu istirahat semakin berkurang karena harus siap siaga menjaga Si Kecil ketika ia terbangun di tengah malam. Yang terpenting, jagalah selalu kesehatan dan jangan biarkan tubuh terlalu lelah. Sebisa mungkin dapatkan waktu istirahat yang maksimal agar Bunda tetap fit.

Perbanyak Melakukan Senam yang Bisa Merilekskan Otot

Untuk memudahkan Bunda ketika melakukan persalinan, ada baiknya melakukan gerakan senam ibu hamil, misalnya seperti senam kegel. Senam kegel berfungsi untuk menguatkan otot di sekitar pinggul sehingga mampu memudahkan proses kelahiran. Selain itu, senam ini juga berfungsi untuk menghindarkan Bunda dari gejala ambeien selama proses kehamilan. Lakukan senam kegel secara rutin dengan dibantu oleh instruktur yang berpengalaman.

Belajar Teknik Menyusui yang Benar

Persiapan sebelum melahirkan lainnya yang tak kalah penting adalah mempelajari teknik menyusui yang benar. Memastikan agar bayi bisa menyusu dengan nyaman itu penting lho, Bunda. Bayi nyaman, Bunda pun senang. Pada umumnya, di awal periode setelah melahirkan, ASI tidak banyak keluar. Ada banyak hal yang bisa Bunda lakukan untuk membuat ASI lancar. Selain dengan memperhatikan asupan makanan, rangsangan dari Si Kecil ketika menyusu juga bisa menstimulasi agar ASI yang keluar lebih banyak.

Perlengkapan Bayi

Persiapan sebelum melahirkan yang satu ini pastinya sudah Bunda lakukan jauh-jauh hari. Belanja perlengkapan bayi adalah hal yang sangat menyenangkan bagi pasangan yang sedang menantikan buah hati. Perlengkapan mulai dari baju, box bayi, selimut, bedong, serta kelengkapan mandi tidak boleh dilupakan. Produk perawatan Si Kecil juga sebaiknya disiapkan mulai dari sekarang, termasuk Konicare Baby Massage Oil. Baby massage oil ini mengandung bahan alami Virgin Coconut Oil yang sangat lembut di kulit bayi untuk membantu proses pemijatan ringan agar bayi merasa nyaman.

Memperkaya Diri dengan Informasi Seputar Persalinan dan Cara Merawat Bayi

Bagi Bunda yang baru pertama kali menyambut kehadiran sang buah hati ke dunia, disarankan untuk banyak membaca informasi seputar kehamilan, persalinan, hingga tips-tips mengenai cara merawat bayi. Misalnya tentang teknik persalinan apa yang sesuai untuk Bunda, bagaimana cara menidurkan Si Kecil, makanan apa yang harus Bunda konsumsi untuk perkembangan bayi, dan cara merawat Si Kecil dengan tetap memperhatikan kondisi fisik tubuh.

Dalam melakukan persiapan sebelum melahirkan, sebaiknya Bunda tidak sendirian. Mintalah Ayah untuk bersama-sama memberikan yang terbaik pada Si Kecil dan memberi dukungan moral pada Bunda agar semuanya berjalan lancar. Ayah yang siap menemani Bunda bisa menjadi motivasi yang cukup untuk membuat Bunda merasa tenang saat melahirkan hingga merawat bayi setelahnya. Semoga bermanfaat!

 

Photo credit: alessandraamendess (pixabay.com)

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

iisbonbon

Terimakasih konicare

sondari

terima kasih untuk informasi nya, sangat bermanfaat sekali

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved