Kehamilan

Amankah Ibu Hamil Minum Kopi?

Kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang. Rasanya memang pahit namun sering kali dianggap bisa memberikan efek menenangkan. Namun, bagaimana jika dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengandung? Seperti yang sudah diketahui, ada banyak pantangan yang harus dipatuhi ibu hamil. Yuk Bunda, ketahui jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Bolehkah ibu hamil minum kopi?

Kehamilan tentu merupakan sebuah anugerah terindah bagi setiap wanita. Namun, banyak hal yang berubah saat Bunda berada dalam masa kehamilan. Bukan hanya berubah dari segi fisik saja, tetapi juga dari kebiasaan. Masa kehamilan datang dengan sejumlah larangan dan pantangan yang wajib dipatuhi demi kesehatan Bunda dan jabang bayi. Salah satu hal yang sering diperdebatkan adalah konsumsi kopi saat mengandung.

Banyak yang menganggap bahwa konsumsi kopi dalam masa kehamilan akan membuat janin terganggu. Kandungan kafein dalam kopi dianggap sebagai penyebab bayi lahir dengan berat badan di bawah normal. Benarkah demikian? Menurut pakar dari BC Women’s Hospital Vancouver, konsumsi kopi saat masa kehamilan tergolong aman dan masih diperbolehkan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi kopi saat hamil.

Batasi konsumsi kopi saat hamil

Pertama adalah jumlah takaran kopi yang dikonsumsi. Dosis kafein yang masih dapat ditoleransi ibu hamil adalah 300 mg setiap harinya. Untuk bisa mengetahui kadar kafein dalam kopi, Bunda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu jenis kopi dan cara penyajiannya. Sebagai contoh, terdapat kandungan kafein 70-120 mg per 100 gram bubuk kopi biasa untuk drip. Jadi, dalam setiap 100 ml kopi drip setidaknya ada 120 mg kafein di dalamnya,

Padahal setidaknya satu cangkir kecil kopi berisi 250 ml. Jika dikira-kira, satu cangkir kopi saja sudah mendekati ambang batas yang dianjurkan yakni 300 mg kafein. Apabila Bunda memang ingin menyeruput kopi saat dalam masa kehamilan maka seharusnya satu cangkir kecil saja sudah cukup. Mematuhi dosis yang dianjurkan ini akan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada janin dan tentunya kesehatan Bunda sebagai ibu hamil.

Beberapa jenis kopi dan kandungan kafeinnya

Untuk membantu Bunda menentukan mana kopi yang aman untuk dikonsumsi, berikut ini beberapa jenis kopi serta kandungan kafein di dalamnya:

  • Kopi manual brew (250 ml): 95-200 mg kafein
  • Kopi instan (250 ml): 27-173 mg kafein
  • Espresso (250 ml): 47-75 mg kafein
  • Latte atau cappuccino (250 ml): 63-175 mg kafein

Kopi dekafein bisa dijadikan alternatif jika Bunda ingin tetap mengecap rasa khas kopi. Pada umumnya kandungan kafein dalam kopi dekafein cenderung lebih rendah yaitu berkisar 2-12 mg.

Beralih ke minuman lain

Meski masih tergolong aman, namun ada baiknya Bunda berhenti mengonsumsi kopi dan minuman berkafein. Bagaimanapun juga dosis kafein yang dianjurkan tersebut belum diketahui apakah sama untuk ibu hamil satu dan lainnya. Tentu ada ibu hamil yang lebih toleran terhadap kafein dan ada juga yang tubuhnya kurang toleran terhadap kandungan kafein.

Ada beberapa alternatif yang bisa dipilih untuk menggantikan kopi. Air mineral tetap menjadi minuman yang cocok untuk ibu hamil karena bisa dengan cepat menghilangkan dehidrasi serta membantu kelancaran peredaran darah. Susu juga baik untuk ibu hamil karena tinggi protein dan juga kalsium yang baik untuk perkembangan janin. Apabila Bunda suka buah-buahan, beberapa buah juga cocok untuk dijadikan jus atau smoothie’s yang sehat lho!

 

Jadi bisa disimpulkan bahwa kopi masih aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun tentunya dengan takaran tertentu yang tidak berlebihan. Untuk lebih amannya Bunda bisa memilih kopi jenis dekafein yang lebih rendah kandungan kafeinnya. Mengganti kopi dengan jenis minuman lain seperti susu atau jus juga bagus lho Bunda!

 

Photo Credit: Pexels

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

nataliasianipar

ga begitu suka sih

RestuNusra

terimakasih bunda infonya sangat bermanfaat ^^

Junny_gultom

ak batasi mnum kopi sewaktu hamil dulu

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved