Kehamilan

Amankah Berolahraga Saat Hamil

Apa kabar Bunda hari ini? Pastinya sehat, bukan? Untuk Bunda yang sedang hamil, sudahkah Bunda berolahraga? Ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan sebelum memutuskan untuk berolahraga saat Bunda sedang hamil. Apa saja hal tersebut? Yuk, simak ulasan penting berikut ini?

 Amankah Berolahraga Saat Hamil

Olahraga yang Boleh Dilakukan Saat Hamil

Pada dasarnya, semua olahraga akan baik dampaknya bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, ada beberapa olahraga yang Bunda harus perhatikan saat hamil. Kehamilan kadang membuat kita malas untuk beraktifitas maunya santai & tidur-tiduran. Padahal hal ini justru akan membuat tubuh Bunda lemas. Oleh karenanya, melakukan kegiatan saat sedang hamil akan sangat menyehatkan buat Bunda.

Berenang adalah olahraga yang dapat Bunda lakukan saat hamil. Massa jenis atau berat badan Bunda yang meningkat tidak akan terasa ketika berada di dalam air. Berenang juga membantu Bunda untuk melemaskan persendian yang menegang akibat kehamilan yang Bunda alami. Jika Bunda tidak bisa berenang, Bunda dapat beralih ke kegiatan olahraga lainnya, seperti aerobik. Aerobik terdiri dari berbagai macam jenis olah tubuh. Ada yoga, pilates, dan juga senam hamil. Bunda dapat memilih sesuai selera dan kemampuan Bunda. Beberapa olahraga aerobik tersebut dapat membantu Bunda melemaskan otot dan mengembalikan tubuh yang membengkak akibat kehamilan. Jika dirasa aerobik cukup melelahkan bagi Bunda, Bunda dapat melakukan opsi terakhir: berjalan. Olahraga yang satu ini bebas biaya dan minim resiko terhadap kehamilan Bunda. Dengan berjalan, Bunda dapat mengalami kelancaran saat proses bersalin kelak. Olahraga ini membuat kepala bayi cepat turun ke jalan lahir sehingga hal ini sangat membantu kelancaran persalinan Bunda nanti. Berjalan juga dapat memperlancar sirkulasi darah Bunda.

 

Tips Berolahraga Saat Hamil

Ketika sedang berolahraga, Bunda harus memiliki niat yang besar. Bukan untuk mengembalikan bentuk tubuh Bunda seperti sebelum hamil, namun lebih kepada niat Bunda untuk menjadi Bunda yang sehat dan bugar saat hamil. Bunda juga harus cermat dalam memilih olahraga yang pas untuk Bunda. Jangan sampai Bunda salah memilih kegiatan olahraga dan Bunda justru mengalami hal yang tidak diinginkan. Ajaklah seorang atau beberapa teman Bunda untuk berolahragabersama. Khusus untuk Bunda yang tidak pernah berolahraga sebelumnya, bahkan ketika tidak sedang hamil sekalipun, ada baiknya Bunda memulai dengan berolahraga dalam jangka waktu yang pendek. Jangan paksakan tubuh Bunda, ya!

 

Penting untuk Bunda Baca!

Saat berolahraga, Bunda harus minum air putih lebih banyak untuk menganti cairan tubuh yang keluar melalui keringat. Mandilah dengan air hangat setelah berolahraga, agar badan kembali segar.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

RestuNusra

terimakasih bunda infonya sangat bermanfaat ^^

imroatul_mufidah

saya dulu suka renang

ifadatun

tengkyu infonya????

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved