Bayi

Tanda Bayi Sedang Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi merupakan saat yang sangat ditunggu oleh semua orangtua, biasanya kondisi menakjubkan ini akan terjadi pada usia 5 sampai 11 bulan. Walaupun begitu, beberapa bayi terkadang akan merasa tidak nyaman dengan proses tumbuh gigi ini. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk bisa memberikan rasa nyaman dan aman demi mengurangi rasa tidak nyaman yang si kecil rasakan

Lantas, apa saja sih tanda-tanda si kecil akan tumbuh gigi? Seperti yang dilansir whattoexpect, berikut merupakan beberapa tanda gigi si kecil akan tumbuh.

Mengeluarkan air liur

Tumbuh gigi dapat merangsang produksi air liur yang berlebih, kondisi ini biasanya akan terjadi ketika si kecil masih berusia mulai sepuluh minggu hingga 3 atau 4 bulan. Walaupun begitu, anda tidak perlu khawatir dengan kondisi ini, karena kedepannya kondisi ini akan berhenti sendiri.

Ruam di wajah

Bayi akan mengembangkan ruam kering pada sekitar kulit atau pecah-pecah di sekitar mulut atau bahkan sampai leher. Hal ini terjadi karena ruam kering yang kontak dengan air liur. Untuk itu, sebisa mungkin anda harus terus membersihkan air liur bayi yang menetes dengan sapu tangan yang lembut.

Suka menggigit

Adanya tekanan dari gigi yang menyembul dari bawah gusi akan menyebabkan bayi merasa tidak nyaman, kondisi ini terkadang akan membuat bayi menjadi suka menggigit. Untuk itu, berikan si kecil mainan yang bisa digigit atau mainan untuk merangsang pertumbuhan gigi.

Merasa sakit

Ketika si kecil tumbuh gigi, biasanya akan terjadi peradangan jaringan lunak. Kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit. Walaupun begitu, untuk gigi selanjutnya, si kecil akan terbiasa dengan tumbuhnya gigi, ini juga akan membuat perasaan tidak nyaman ini akan berkurang dengan sendirinya.

Menolak makan

Seperti disebutkan diatas, bayi akan rewel karena perasaan sakit dan tidak nyaman. Kondisi ini terkadang akan membuat si kecil menolak untuk makan, bahkan si kecil juga akan mencoba menolak untuk menyusu. Kalaupun mau, maka kemungkinannya dia akan menggigit puting payudara anda.

Demam ringan

Walaupun beberapa dokter tidak setuju dengan anggapan tumbuh gigi dapat menyebabkan si kecil demam. Tapi bagaimanapun juga, riset membuktikan kalau, akibat dari peradangan ketika tumbuh gigi, terkadang akan menyebabkan si kecil demam. Tapi jangan khawatir, demam ini akan reda dengan sendirinya.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Alisca

ok

rastrip

terima kasih informasinya sangat bermanfaat sekali

ndaahdom

noted

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved