Bayi

Perawatan Bayi Yang Harus Bunda Ketahui

Memiliki bayi menjadi kebahagiaan tersendiri untuk ayah dan bunda setelah penantian selama 9 bulan, apapun akan dilakukan untuk buah hati tercinta terutama dalam hal perawatan. Merawat bayi yang baru dilahirkan dapat menguras tenaga dan emosi terutama bagi bunda. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam merawat bayi agar bayi selalu sehat,dan terhindar dari berbagai penyakit terutama infeksi:

1. Perawatan tali pusar, kulit kepala, mulut, mata dan kuku

Tali pusar, kulit kepala, mata dan kuku bayi yang baru lahir wajib mendapatkan perhatian khusus. Bunda harus selalu rajin membersihkan bagian-bagian tubuh tersebut untuk menghindari terjadinya infeksi.

  • Perwatan tali pusar harus selalu dalam keadaan kering hingga waktunya terlepas, untuk menghindari jamur penyebab infeksi, bersihkan tali pusar dengan menggunakan kain kasa steril dan cotton buds.
  • Pada kulit kepala bayi yang baru lahir biasanya terdapat kerak yang dapat menjadi sarang kuman. Bersihkanlah dengan menggunakan cotton buds secara perlahan untuk menghindari luka pada kepala bayi yang masih lunak.
  • Bersihkan bibir dan mulut bayi dengan lap lembut dan air hangat setelah memberi ASI, untuk menghindari jamur berkembang biak dari sisa susu yang tertinggal.
  • Bersihkan mata bayi minimal dua kali sehari. Pada mata bayi yang baru lahir biasanya terdapat kotoran mata, bersihkanlah dengan menggunakan kapas dan air hangat kemudian keringkan dengan kain lembut.
  • Potong dan bersihkan selalu kuku untuk menghindari kuman berkembang biak dan juga agar kuku tidak melukai bagian tubuh bayi seperti muka. Gunakan gunting kuku khusus bayi untuk menghindari terjadinya luka.

2. Perlengkapan bayi

Kenakanlah pakaian yang nyaman dan lembut serta tidak terlalu ketat agar bayi merasa nyaman dan leluasa. Begitupun dengan perlengkapan lainnya seperi alas tidur, sarung bantal, kain gendongan dan lain-lain. Cucilah dengan menggunakan detergen khusus untuk bayi dan jemur ditempat yang tidak terkena matahari langsung.

3. Perawatan Ekstra untuk Kulit

Kulit bayi sangat rentan terhadap kuman dan bakteri. Selalu mandikan bayi dengan air hangat pagi dan sore hari, dan usapkan Konicare Minyak Telon Plus setelah mandi agar tubuh bayi tetap terasa hangat dan harum. Gantilah popok dan pakaian jika mulai basah dan bayi mulai merasa resah dan tidak nyaman agar menghindari timbulnya ruam pada kulit sensitifnya. Gunakan Konicare Baby Diaper Rash Cream untuk mencegah dan mengobati ruam pada bayi. Konicare Baby Diaper Rash Cream mengandung ekstrak Aloevera yang dapat menjaga kulit bayi tetap lembut dan sehat.

4. Selalu Menjaga Kebersihan

Cucilah tangan sebelum dan sesudah membersihkan tubuh bayi. Begitupun dengan perlengkapan yang digunakan, untuk menghindari kuman yang dapat berpindah dari bagian tubuh yang satu ke bagian tubuh yang lain.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

RestuNusra

terimaKasih bunda infonya bermanfaat sekali ^^

anisa_elfaronsie

thanks infonya ya...

ani

Terima kasih artikelnya inspiratif sekali.

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved