Bayi

Sudah Tahu Cara Menidurkan Bayi yang Benar? Cek di Sini

Dibanding orang dewasa, bayi lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Tidur bisa membantu pertumbuhan fisik bayi dan juga perkembangan otaknya, maka dari itu bayi harus mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Tapi, terkadang bayi juga rewel sehingga membuatnya sulit tertidur. Hal tersebut salah satunya bisa disebabkan karena cara menidurkan bayi yang kurang tepat. Berikut cara menidurkan bayi yang benar.

Ganti Lampu dengan yang Lebih Redup

Cara menidurkan bayi yang pertama adalah dengan mematikan lampu ruangan. Lampu yang terlalu terang bisa membuatnya silau sehingga ia pun akan merasa terganggu saat akan memejamkan mata. Sama seperti orang dewasa, cahaya lampu yang terlalu terang juga membuatnya merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, pasang lampu yang redup di ruangannya. Selain membuatnya nyaman, hal ini juga bisa membantu bayi belajar perbedaan siang dan malam melalui cahaya matahari yang masuk ke ruangannya dan lampu redup tadi.

Menidurkan Bayi Tanpa Menimang

Kebiasaan menimang bayi justru bisa membuatnya ketagihan. Bayi tidak akan bisa tidur kecuali Bunda menimangnya dulu sampai ia terlelap. Sebaiknya, biasakan bayi untuk tidur saat ia mengantuk. Ketika bayi sudah mulai menguap, letakkan saja ia di box bayi dan biarkan hingga ia terlelap. Agar bisa tidur dengan nyaman dalam waktu lama, sebaiknya pastikan ia juga terbebas dari ruam popok. Bunda juga bisa memakai Konicare Baby Diaper Rash Cream untuk mencegah dan menyejukkan kulit bayi yang kemerahan akibat ruam popok.

Meninggalkan Bayi Sendiri Saat Tiba Waktunya Tidur

Cara ini disebut metode “long goodbye”. Ketika sudah memasuki jam tidurnya, Bunda mulai menjauhkan diri dari Si Kecil secara bertahap. Letakkan bayi di atas kasur, lalu duduklah di samping bayi. Usap-usap dahinya secara perlahan atau tepuk lembut punggungnya hingga ia terlelap. Tapi pastikan juga Si Kecil sudah dalam kondisi mengantuk, jadi di sini peran Bunda adalah membantunya untuk memejamkan mata dengan memberi sentuhan kehangatan. Jika Si Kecil sudah tertidur lelap, Bunda bisa meninggalkannya.

Selalu Berada di Dekat Si Kecil

Berkebalikan dengan cara nomor 2, Bunda juga bisa menidurkan bayi dengan tetap berada di sampingnya. Cara seperti ini akan membantu Si Kecil merasa tenang. Langkah pertama yang harus Bunda lakukan adalah dengan membiasakan jadwal tidur untuk Si Kecil. Misalnya ketika sudah memasuki jam 7 malam, baringkan bayi di tempat tidurnya dan Bunda juga harus berbaring di sampingnya. Teruslah berada di sampingnya sampai Si Kecil terlelap. Jika Bunda rutin menidurkannya di jam yang sama, hal ini akan membuat Si Kecil terbiasa sehingga lebih mudah menidurkannya.

Selain cara-cara menidurkan bayi di atas, Bunda juga perlu memperhatikan faktor kenyamanan di sekitar bayi, misalnya permukaan kasur, selimut yang digunakan, serta mainan di sekitarnya dengan tekstur keras yang bisa mengganggu tidur bayi. Untuk membuat bayi tetap hangat, jangan lupa oleskan Minyak Telon Konicare di telapak kaki dan punggungnya.

 

Photo credit: maxpixel.freegreatpicture.com

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

ifadatun

bermanfaat banget artikelny.. infonya membantu ,

Ega

sangat membantu bun

zubaidah_yaniarti326

sepele tapi penting

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved