Bayi

Menjemur Bayi, Masih Efektif?

Selama ini, banyak diantara kita yang sangat mempercayai kalau menjemur bayi dibawah sinar matahari dapat menghilangkan kuning pada bayi. Tidak hanya itu, menjemur bayi juga dipercaya akan mampu membuat tulang bayi menjadi lebih kuat dan pertumbuhannya lebih maksimal.

Faktanya, kebiasaan menjemur bayi ini memang sangat baik, bahkan beberapa pakar kesehatan sangat menyarankan kebiasaan ini. Tapi sayangnya, kondisi ini tidak berlaku di negara kita yang berada di jalur utama garis khatulistiwa. Alasannya, pantulan sinar matahari sudah overdosis untuk mengubah pro-vitamin D dalam kulit menjadi vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Untuk itu, kalau anda ingin menjemur bayi di bawah sinar matahari, sebaiknya lakukan pada bagian punggungnya saja. Selain itu, waktu menjemur pun harus benar-benar diperhatikan, yakni sebelum jam 9 pagi. Hal tersebut karena sebelum jam 9 pagi, sinar biru yang ada dalam sinar matahari masih ada. Bahkan sinar biru yang terdapat dalam sinar matahari pagi akan mampu membantu lever untuk menurunkan kadar bilirubin dalam tubuh.

Sebagai catatan, sebaiknya perhatikan juga area mata si kecil, jangan sampai sinar matahari tersebut langsung menerpa mata, karena dapat merusak retinanya dan mengganggu penglihatannya ketika dewasa nanti. Untuk mengatasi ini, anda bisa menggunakan kacamata tidur khusus untuk bayi.

Apakah masih efektif menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi?

Kalau berbicara masalah efektif atau tidak, hal yang pertama harus dipahami adalah, kondisi alam kita sekarang ini sudah berubah, dimana lapisan ozon telah menipis, kondisi ini menyebabkan lapisan ozon dinilai tidak mampu untuk menyaring efek radiasi sinar ultraviolet dengan maksimal. Jadi untuk masalah efektifitasnya, sampai sekarang masih menjadi perdebatan para ahli.

Selain itu, dengan kondisi lapisan ozon yang menipis, menyebabkan beberapa cahaya bergerak lebih cepat dan mencapai bumi terlebih dahulu dibandingkan dengan cahaya biru yang sangat dibutuhkan tubuh. Jadi, kalau anda ingin menjemur bayi, sebaiknya sebelum jam 9 pagi. Karena setelah jam 9, sinar matahari sudah tidak efektif lagi untuk tubuh.

Sebagai catatan, kegiatan menjemur bayi dipagi hari ini sebaiknya dilakukan untuk bayi yang lahir kuning. Kalau kuningnya sudah hilang atau bahkan si bayi tidak kuning, sebaiknya hentikan kegiatan ini.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

imroatul_mufidah

oke...thanks infonya bun

RestuNusra

terimakasih bunda infonya bermanfaat sekalii ^^

IkaNursamsiah26

berjemur ttp bermanfaat kok asalkan waktunya tepat misal pagi hari

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved